Puncak Bulan K3 Nasional, BPI Tingkatkan Kemampuan Karyawan dalam Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Puncak Bulan K3 Nasional,  BPI Tingkatkan Kemampuan Karyawan dalam Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Karyawan PT BPI dilatih cara turun dari ketinggian menggunakan tali.-istimewa -

BATANG - Peringati Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional, ratusan karyawan PT Bhimasena Power Indonesia mengikuti seminar dan pelatihan peningkatan kemampuan dalam Keselamatan dan Kesehatan Kerja atau K3.

Peserta sangat antusias mengikuti materi pelatihan dan peningkatan kemampuan bagi karyawan yang disampaikan oleh instruktur dan tenaga ahli pekerjaan di ketinggian yang diadakan langsung di area PLTU Batang 2 x 1.000 MW, Rabu 28 Februari 2024.

Kegiatan ini ditujukan untuk meningkatkan kesadaran, pengetahuan dan kemampuan para karyawan mengenai keselamatan Ketika bekerja di ketinggian, khususnya untuk team operation dan maintenance yang setiap hari menghadapi pekerjaan di ketinggian. 

Materi yang disampaikan oleh Instruktur Ahmad Husein S, tenaga ahli pekerjaan di ketinggian sangat cocok untuk dunia pekerjaan di lingkungan PLTU Batang.

General Manager HSE PT Bhimasena Power Indonesia, Josman Ginting mengatakan, bahwa selama peringatan Bulan K3 Nasional dari tanggal 12 Januari hingga 12 Februari perusahaan telah menggelar berbagai macam kegiatan, baik untuk peningkatan Kesehatan, dan keselamatan kerja, juga kegiatan sosial berupa donor darah.

“Puncak peringatan Bulan K3 Nasional 2024 BPI dilaksanakan dengan menyelenggarakan seminar dan pelatihan keselamatan pekerja di pekerjaan ketinggan. Setelah teori, langsung dipraktekkan di lapangan, sehingga materi mudah dipahami dan dimengerti oleh para karyawan," kata Josman Ginting, Rabu 28 Oktober 2024.

Rangkaian kegiatan dalam Bulan K3 ini sejalan dengan Tema yang telah dicanangkan oleh pemerintah yaitu 'Budayakan K3, Sehat dan Selamat dalam Bekerja, Terjaga Keberlangsungan Usaha', diharapkan dapat menumbuh kembangkan budaya K3 di lingkungan PT Bhimasena Power Indonesia untuk menghindari kerugian akibat kecelakaan kerja.

Sementara rangkaian kegiatan lainnya dalam peringatan Bulan K3 Nasional 2024 di PT Bhimasena Power Indonesia, sudah dijalankan sejak bulan Januari. 

Dengan mengambil tema “We Stand for Safety” perusahaan mengadakan 7 kegiatan, yakni pemasangan spanduk serta poster himbauan dan informasi tentang K3, seminar Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Selain itu juga distribusi media kampanye keselamatan, lari dan bersepeda virtual, senam aerobic, donor darah, dan pelatihan K3 (Dasar Pemadam Kebakaran & Dasar Pertolongan Pertama). (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: