Catat! Begini Penjelasan dr Aisah Dahlan Tentang Cara Menyembuhkan Inner Child untuk Para Orang Tua

Catat! Begini Penjelasan dr Aisah Dahlan Tentang Cara Menyembuhkan Inner Child untuk Para Orang Tua

Cara menyembuhkan inner child ala dr Aisah Dahlan.-draisahdahlan/ ig-

Jadi di usia balita ketika tanpa sengaja orang tua berlaku kasar pada anak segeralah untuk minta maaf agar tidak menjadi kenangan buruk untuk anak. Karena di usia ini, otak anak belum banyak terisi memori.

Sehingga masih bisa kita bentuk, dan kita pilih memori seperti apa yang ingin ditanamkan pada anak. Beda halnya pada anak ketika sudah remaja.

Saat suka marahin anak, dan baru minta maaf ketika anak sudah beranjak dewasa maka akan lebih sulit untuk menyembuhkan luka anak. 

Disebutkan oleh dr Aisah Dahlan bahwa, karena pada anak usia remaja atau sudah kuliah akan mengingat memori masa lalu saat dirinya dimarahin orang tua.

Memori trauma yang pada saat kecil tidak segera dihapus, dan diganti dengan memori baik, lama-kelamaan akan membentuk membekas menjadi inner child. Yang artinya butuh penanganan lebih serius untuk mengatasinya.

Karena luka inner child ini, bukanlah kondisi yang harus ditutupi. Seperti yang dituturkan dr Aisah Dahlan bahwa buah memori bisa terulang kembali atau tipe-tipe muncul karena ada atau tidak ada pencetusnya.

BACA JUGA:Jangan Bersikap Kasar ke Anak, Jika Tidak Ingin Ini Terjadi! Sebuah Tips Parenting dari Psikolog Elly Risman

BACA JUGA:Cara Ikhtiar Agar Anak Cerdas Sejak dalam Kandungan, sebuah Tips Parenting Islami Oleh Ning Imaz

Lalu bagaimana jika yang muncul adalah memori buruk? Ini tentu akan memberi dampak pada kepribadian seseorang.

Dan perlu digarisbawahi, bahwa luka inner child tidak selalu harus tercipta karena teguran pada anak tentang suatu hal yang besar.

Kemudian dr Aisah Dahlan memberikan contoh, bahkan ketika anak hanya sedang mencuci piring kemudian bunda marah karena air dan busanya berserakan, tanpa segera minta maaf ke anak, ini juga dapat memicu adanya luka inner child pada anak.

Dampaknya bisa membuat anak trauma yang menyebabkan anak enggan mencuci piring karena sudah tertanam akut dimarahi, takut salah, dan perasaan-perasaan takut serta khawatir lainnya.

Maka dari itu dr Aisah berpesan bahwa memori buruk seperti tersebut perlu segera mungkin untuk diatasi karena saat tidak segera dibenahi maka akan menyebabkan trauma tadi.

Berikut cara menyembuhkan luka inner child yang disampaikan dr Aisah Dahlan.

1. Perlakukan Anak dengan Lebih Baik 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: