Agar Ibadah Para Bumil di Bulan Ramadhan tetap Lancar, Ini Dia 7 Tips Aman Berpuasa untuk Ibu Hamil

Agar Ibadah Para Bumil di Bulan Ramadhan tetap Lancar, Ini Dia 7 Tips Aman Berpuasa untuk Ibu Hamil

Tips aman berpuasa untuk ibu hamil. -kendariinfo/ig-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Ada beberapa tips aman berpuasa untuk ibu hamil yang bisa diikuti ketika hendak menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Setiap orang yang terbukti sehat secara fisik dan mental boleh ikut menunaikan ibadah puasa termasuk ibu hamil dan menyusui. Dengan catatan sudah benar-benar melakukan pemeriksaan, dan mendapat izin dokter serta selalu dalam pengamatan dokter yang menangani.

Namun menjalankan ibadah puasa saat hamil bukan bukanlah perkara mudah baik untuk ibu maupun untuk janin. Sang Ibu harus tetap menjaga asupan nutrisi dan gizi agar tetap bisa menunjang kesehatan ibu dan janin yang masih di dalam kandungan.

Tips Aman Berpuasa untuk Ibu Hamil

Nah berikut ini ada beberapa tips aman berpuasa untuk ibu hamil yang bisa dilakukan.

BACA JUGA:Perbedaan Hukum Puasa Ramadan bagi Ibu Hamil dan Ibu Menyusui Menurut Ustaz Adi Hidayat, Simak Baik-baik ya!

BACA JUGA:6 Manfaat Asam Folat Buat Ibu Hamil, Ternyata Sehat untuk Tumbuh Kembang Janin

1. Konsultasi dengan Dokter

Hal paling pertama sebelum ibu hamil melakukan ibadah puasa adalah sudah melakukan konsultasi dengan dokter spesialis kandungan yang menangani terlebih dahulu.

Lakukan tes dan pemeriksaan yang memadai untuk mengetahui kondisi kesiapan ibu hamil untuk berpuasa. Biasanya dokter akan menyarankan berpuasa pada trimester kedua.

2. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Agar tidak dehidrasi pada ibu hamil yang ingin mencoba berpuasa perlu mencukupi kebutuhan cairan hariannya yaitu kisaran 8 sampai 12 gelas per hari.

Karena dehidrasi akibat kekurangan cairan akan berbahaya pada kondisi ibu hamil dan janin. Dalam kondisi yang dehidrasi berat dapat menyebabkan air ketuban berkurang dan membahayakan janin.

Karena kondisi dehidrasi berat pada ibu hamil juga menjadi salah satu kondisi yang membuat ibu hamil dilarang untuk berpuasa. Tanda-tanda yang dialami bisa seperti pusing, gangguan konsentrasi, turun kesadaran, dan warna air seni yang pekat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: