Buka Pendaftaran Penjaringan Calon Bupati dan Wakil Bupati, DPC PDIP Batang Siap Berkoalisi dengan Partai Lain

Buka Pendaftaran Penjaringan Calon Bupati dan Wakil Bupati, DPC PDIP Batang Siap Berkoalisi dengan Partai Lain

Ketua DPC PDIP Batang menyerahkan potongan tumpeng pada panitia pendaftaran penjaringan bakal calon bupati dan wakil bupati Batang.-Dony Widyo-

BATANG - Menghadapi Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada serentak 2024, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) membuka pendaftaran Penjaringan bakal calon atau balon Bupati dan Wakil Bupati Batang.

Pendaftaran Balon Bupati dan Wakil Bupati itu sendiri ditandai dengan pemotongan tumpeng  oleh Ketua DPC Partai, H. Ahmad Ridwan, Rabu 1 Mei 2024 di Kantor DPC PDIP setempat.

Ahmad Ridwan pendaftaran penjaringan oleh DPC PDIP Batang ini bersifat terbuka. Pihaknya mempersilahkan siapapun tokoh masyarakat di Kabupaten Batang untuk mengambil formulir pendaftaran di kantor DPC setiap hari kerja.

"Pendaftaran penjaringan ini mulai dibuka hati ini atau Rabu 1 hingga 7 Mei 2024 mendatang, dan siapapun serta dari latarbelakang apapun bisa mengambil formulir pendaftaran di kantor DPC PDIP Batang," ujar Ahmad Ridwan, Rabu 1 Mei 2024.

BACA JUGA:Duh, Tiap Tahun Ada Sekitar Enam PNS yang Ajukan Cerai di Kabupaten Batang

BACA JUGA:Ada Perbaikan Kaca Kolam, Show Lumba-lumba Safari Beach Jateng Ditiadakan Sementara

Dijelaskan, setelah proses pendaftaran selesai, siapapun pendaftar yang sudah mengembalikan formulir akan dibahas oleh internal partai untuk dipastikan kelayakannya untuk maju sebagai Balon Bupati dan Wakil Bupati Batang yang alam diusung oleh PDIP pada Pilkada mendatang.

"Jika memang layak, akan kita usulkan ke DPP PDIP untuk mendapatkan rekomendasi sebagai balon yang akan maju dalam pilkada. Jadi siapapun, baik dari internal partai maupun tokoh masyarakat, mempunyai kesempatan untuk maju sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati yang diusung oleh PDIP," jelas Ahmad Ridwan.

Terkait batas minimal partai untuk bisa mengusung pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Batang, DPC PDIP juga siap berkoalisi dengan partai lain guna memenuhi syarat minimal 9 kursi.

Mengingat pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024, PDIP Kabupaten Batang hanya memperoleh 7 kursi saja, sehingga masih kurann tambahan 2 kursi lagi agar bisa mengajukan calon.

"Kita siap berkoalisi, baik itu dengan parpol yang perolehan kursinya 2 atau lebih. Dan saat ini kita juga sudah menjalin komunikasi dengan partai lain, meskipun masih sebatas melalui telepon saja," ungkap pria yang juga anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah ini.

Ketika disinggung terkait partai koalisi apakah akan seperti saat Pemilihan Presiden lalu, Ridwan dengan tegas menyatakan pihaknya akan terbuka dengan partai manapun.

"Kita terbuka berkoalisi dengan partai manapun. Sampai saat ini penjajakan, komunikasi dan silaturahmi terus kita lakukan, tapi siapa dan partai apa itu nanti akan kita umumkan setalah 7 hari pendaftaran," bebernya.

Ditambahkan, pihak DPC PDIP Batang juga memberikan kesempatan bagi kader internal partai jika ada yang ingin mendaftar dalam penjaringan ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: