Kolaborasikan Adiwiyata dengan P5, SDN Pasekaran 01 Batang Tampilkan Bazar Produk Daur Ulang Limbah

Kolaborasikan Adiwiyata dengan P5, SDN Pasekaran 01 Batang Tampilkan Bazar Produk Daur Ulang Limbah

BAZAR - Siswa SDN Pasekaran 01 Batang unjuk karya hasil daur ulang limbah dalam Bazar dan Gelar Karya P5. -Radar Pekalongan/Novia Rochmawati-Radar Pekalongan

BATANG, RADAR PEKALONGAN,DISWAY.ID - Puluhan karya berjajar di bazar yang digelar SDN Pasekaran 01, Senin 6 Mei 2024. Bukan karya biasa, rupanya karya tersebut merupakan hasil daur ulang limbah yang dikreasikan jadi produk baru bernilai jual oleh para siswa. Mulai dari miniatur mobil, truk hingga bus, kemudian ada juga wadah pensil, aksesoris serta berbagai hiasan ala rumahan. 

Tak hanya itu, bazar tersebut juga jadi ajang pembelajaran wirausaha bagi anak. Pasalnya selain hasil daur ulang limbah, ada juga bazar produk jajanan sehat. Kegiatan semakin menarik, karena dipadukan dengan gelar karya seni berbasis kearifan lokal, fashion show dan lainnya. 

BACA JUGA:Siswa SDN Pasekaran 01 Kampanyekan Konservasi Air Lewat Goresan Gambar

Kepala SDN Pasekaran 01, Ariyanti menyebut kegiatan ini sengaja mengkolaborasikan kegiatan P5 dan Adiwiyata. Terlebih saat ini sekolahnya tengah mempersiapkan diri menuju Adiwiyata Tingkat Nasional. 

"Karena momennya bersamaan, kami kolaborasikan antara P5 dan kegiatan Adiwiyata. Dan Alhmdulillah program ini berjalan lancar, anak tak sekadar memamerkan produk, tapi produk yang dihasilkan juga merupakan hasil olahan limbah," jelasnya. 

Ariyanti menambahkan, sebelumnya juga telah dilakukan lomba kebersihan dan menghias kelas yang dilaksanakan tak hanya oleh siswa, tapi juga Paguyuban Wali Murid. 

"Kelas kami juga semakin tertata karena ada peran serta dari Wali murid yang mendukung kami," ujarnya. 

BACA JUGA:Dukung P5, Siswa SDN Pasekaran 01 Belajar Wirausaha Sejak Dini

Tak hanya menggandeng mitra dari Wali murid dan komite, program Adiwiyata ini juga turut didukung dengan kerja sama instansi dan dinas terkait. Mulai dari Pemdes Pasekaran, DLH Batang, Disdikbud Batang, Dinkes Batang, PDAM Batang dan pihak lainnya. 

"Ke depannya kami juga masih banyak program untuk mendukung penghijauan dan kelestarian lingkungan. Kami rencananya akan memberikan sosialisasi konservasi energi, dan energi dari sumber saya terbarikan kepada warga sekolah dan juga Wali murid," imbuhnya. 

Kegiatan ini juga mendapat dukungan penuh dari Komite dan Wali Murid SDN Pasekaran 01. Hal ini seperti yang disampaikan Ketua Komite SDN Pasekaran 01, Agus Purnomo. Tak sekadar ikut meramaikan kegiatan, bahkan para wali murid dengan suka rela memberikan dukungan untuk program-program sekolah. 

BACA JUGA:8 Sekolah dan Madrasah Terima Penghargaan Adiwiyata Kabupaten Batang

"Tidak ada paksaan dari kami, justru wali murid yang dengan suka rela mendukung program-program sekolah. Bahkan kegiatan di sekolah juga terus disupport oleh Kepala Desa dan mitra sekolah lainnya," jelasnya. 

Korwil Disdikbud Kecamatan Batang, Wahyu Jatmiko turut mengapresiasi kegiatan ini. Pihaknya pun siap mendukung sekolah yang akan maju ke Adiwiyata tingkat nasional. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radar pekalongan