Anak Lahir Menjelang Hari Raya Kurban, Pilih Aqiqah atau Kurban dulu? Buya Yahya Bilang Baiknya Begini

Anak Lahir Menjelang Hari Raya Kurban, Pilih Aqiqah atau Kurban dulu? Buya Yahya Bilang Baiknya Begini

Anak Lahir Menjelang Hari Raya Kurban Pilih Aqiqah atau Kurban dulu? Buya Yahya Bilang Baiknya Begini-Tangkap layar -Al Bhajah TV

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Buya Yahya jelaskan tentang lebih utama yang mana antara aqiqah atau kurban seandainya anak lahir berdekatan dengan hari raya Idul Adha atau hari raya kurban.

Melansir dari akun youtube Al-Bahjah TV, ceramah Buya Yahya menyampaikan keutamaan mendahulukan mana antara kurban dan aqiqah untuk menjawab permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat.

Buya Yahya menyebut masih terus menjadi permasalahan dan kebingungan di masyarakat tentang mana yang lebih didahulukan antara kurban dengan aqiqah.

Dalam ceramah, Buya Yahya menceritakan salah satu kejadian yang ada di masyarakat, yaitu seorang anak yang lahir menjelang hari raya kurban. Jika hal ini terjadi bagaimana menyikapinya, apakah lebih utama kurban atau malah lebih utama aqiqah untuk anak tersebut?

BACA JUGA:Mana yang Benar, Kurban Seumur Hidup Sekali atau Setahun Sekali? Buya Yahya Bilang Seperti Ini

BACA JUGA:Kenapa Ada Orang yang Utangnya Tidak Lunas-lunas? Buya Yahya Berikan Nasihat Seperti Ini

Menurut Buya Yahya, dalam menyikapi permasalahan harus tahu ilmunya. Selain itu juga harus paham dasar dan dalilnya, supaya tidak asal dalam mengambil keputusan.

Dalam islam, menurut Buya Yahya, hukum qurban adalah sunnah bagi diri seseorang. Sedangkan hukum aqiqah adalah sunnah bagi orang tua kepada anaknya.

Melihat dari hukumnya sudah jelas bahwa kurban adalah tanggung jawab pribadi sedangkan aqiqah adalah tanggung jawab orang tua kepada anaknya.

Namun, jika ada anak yang lahir menjelang hari raya kurban, mana yang lebih utama antara berkurban untuk diri sendiri atau aqiqah untuk anak?

BACA JUGA:Baca Doa Ini, Buya Yahya Bilang Utang Segunung pun Bisa Cepat Lunas jika Dibaca di Waktu Mustajab

BACA JUGA:Apa Hukum Bersedekah tapi Masih Punya Utang? Buya Yahya Bilang Orang Beramal Harus Tahu Ilmunya

Buya Yahya menegaskan dalam masalah ini harus dilihat dari beberapa kondisi agar langkah yang diambil tepat dan benar sesuai ajaran islam.

1. Kondisi Ekonomi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: