Anak Lahir Menjelang Hari Raya Kurban, Pilih Aqiqah atau Kurban dulu? Buya Yahya Bilang Baiknya Begini

Anak Lahir Menjelang Hari Raya Kurban, Pilih Aqiqah atau Kurban dulu? Buya Yahya Bilang Baiknya Begini

Anak Lahir Menjelang Hari Raya Kurban Pilih Aqiqah atau Kurban dulu? Buya Yahya Bilang Baiknya Begini-Tangkap layar -Al Bhajah TV

Jika kondisi ekonomi kita mampu untuk melakukan kurban dan aqiqah, maka lakukanlah keduanya. Tapi harus dipisah untuk waktunya supaya tidak bercampur aduk.

Namun apabila kondisi ekonominya terbatas, maka pilihlah untuk berkurban terlebih dahulu. Menurut Buya Yahya, hal ini dilakukan karena melihat waktunya.

Waktu berkurban sifatnya terbatas, yaitu di hari raya kurban dan hari tasyrik. Sedangkan aqiqah bisa dilakukan bebas di hari apapun sebelum anak baligh.

2. Kondisi Waktu

Melihat waktu yang ada, maka jika anak terlahir menjelang hari raya kurban, maka utamakan untuk berkurban terlebih dahulu.

Buya Yahya menyebutkan bahwa hari raya kurban terbatas oleh waktu. Berbeda dengan waktu untuk melaksanakan aqiqah yang bebas dilakukan kapanpun

Maka, bagi seseorang yang memiliki anak berdekatan dengan hari raya kurban, Buya Yahya menjelaskan baiknya untuk mengutamakan kurban. Namun, jika mampu secara ekonomi, bisa melakukan keduanya yaitu berkurban dan aqiqah.

Sebagaimana yang diketahui bersama bahwa hari raya Idul Adha atau Idul kurban adalah momen hari raya besar. Maka umat islam dianjurkan untuk merayakan dengan makan besar.

Yang dimaksud dengan makan besar adalah sebagai wujud syukur kepada Allah. Sebagaimana ulama mengatakan bahwa dianjurkan di waktu hari raya kurban untuk menyembelih hewan apapun untuk di makan bersama.

BACA JUGA:Buya Yahya Bilang Cara Ini Bisa Dilakukan Agar saat Salat bisa Khusyuk dan Pikiran Tidak Kemana-mana

BACA JUGA:Dianggap Sepele Ternyata Dosa Besar bagi Istri, Buya Yahya Sebut Jangan Lakukan Hal Ini Terhadap Suami

Hewan yang disembelih dan dimakan tentunya yang halal. Apapun hewannya tidak masalah. Jika belum ada kemampuan untuk berkurban, maka menyembelih hewan apapun diperbolehkan untuk sekedar merayakan hari raya umat islam.

Buya Yahya menegaskan untuk kita semua merayakan hari raya kurban dengan bahagia dan makan bersama keluarga. Jangan sampai di hari raya kurban tidak merasakan kebahagiaan.

Demikian penjelasan tentang lebih utama berkurban dibanding aqiqah apabila kita memiliki anak yang lahir menjelang hari raya Idul Adha atau hari raya kurban.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: