Cara Mendapatkan Nikmat Hidup yang Sesungguhnya dengan Mengikuti Takdir dari Allah, Begini Penjelasan Gus Baha

Cara Mendapatkan Nikmat Hidup yang Sesungguhnya dengan Mengikuti Takdir dari Allah, Begini Penjelasan Gus Baha

cara Mendapatkan Nikmat Hidup yang Sesungguhnya dengan Mengikuti Takdir dari Allah, Begini Penjelasan Gus Baha-Keppo Makan-Youtube

Namun demikian, menjalani kehidupan sehari-hari dengan Ridho dari Allah SWT tidak semata-mata mengenai aktivitas ritual atau keagamaan yang bersifat formal, seperti menunaikan ibadah salat fardhu ataupun berpuasa pada saat bulan Ramadhan.

Hal tersebut juga mencakup sikap mental dan spiritual yang mendalam, seperti menerima takdir Allah SWT dalam berbagai situasi kehidupan, baik suka maupun duka.

Menurut Gus Baha, di dalam konteks sosial dan hubungan antar manusia, mencari ridho Allah SWT juga berarti menjaga sikap yang baik dan membangun komunitas yang harmonis.

BACA JUGA:Bagaimana Hukum Salat Tarawih 4 Rakaat Salam dan 2 Rakaat Salam Menurut Gus Baha? Begini Penjelasannya

BACA JUGA:Gus Baha Tak Setuju Tentang Hikmah Salat Bisa Menyehatkan Tubuh! Lho Kok Bisa? Begini Penjelasannya

Seperti yang pernah dicontohkan oleh Rasulullah SAW, beliau mengajarkan untuk selalu berusaha menciptakan kedamaian dan kebaikan dalam hubungan dengan tetangga, keluarga dan lingkungan sekitar.

Gus Baha juga menggaris bawahi bahwa Islam mengapresiasi segala bentuk kebaikan dan Pengabdian, asalkan dilakukan dengan niat yang tulus dan sesuai dengan ajaran agama Islam itu sendiri.

Perbuatan baik di dalam agama Islam tidak harus selalu besar dan dramatis. Bahkan, tindakan sederhana yang dilakukan dengan niat ikhlas pun diketahui dapat memiliki nilai yang tinggi di mata Allah SWT.

Selain itu, Gus Baha menyoroti bahwa, menjalani kehidupan sehari-hari dengan ridho Allah SWT juga melibatkan kesadaran akan keterbatasan diri sebagai manusia dan ketergantungan kepada Allah SWT dalam segala hal.

BACA JUGA:Jaga Lisanmu! Dosanya Tidak Akan Diampuni Allah Bila Mengatakan Hal Ini pada Anak, Kata Gus Baha

BACA JUGA:Menyoal Kurma sebagai Makanan Sunnah saat Berbuka Puasa, Gus Baha Malah Bilang Baiknya Tak Perlu Pakai Kurma

Hal ini mengajarkan setiap umat muslim untuk selalu bersyukur atas nikmat-nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT setiap hari, seperti makan, minum dan tempat tinggal.

Dengan demikian, mencari ridho Allah SWT bukanlah hal yang sulit atau terbatas pada kegiatan-kegiatan ritual tertentu saja, seperti sholat fardhu, berpuasa ataupun menunaikan ibadah haji.

Namun, panggilan untuk menjalani kehidupan dengan penuh kesadaran akan kehadiran dan kehendak Allah SWT dalam setiap aspek kehidupan serta berusaha melakukan yang terbaik untuk selalu menyenangkan Allah SWT dalam segala hal yang kita lakukan juga merupakan salah satu bentuk mencari ridho dari Allah SWT.

Dalam akhir ceramahnya, Gus Baha berpesan mengenai pentingnya menjaga hubungan spiritual yang kuat dengan Allah SWT melalui tindakan-tindakan sehari-hari yang sederhana namun bermakna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: