Menyoal Kurma sebagai Makanan Sunnah saat Berbuka Puasa, Gus Baha Malah Bilang Baiknya Tak Perlu Pakai Kurma

Menyoal Kurma sebagai Makanan Sunnah saat Berbuka Puasa, Gus Baha Malah Bilang Baiknya Tak Perlu Pakai Kurma

Menyoal Kurma sebagai Makanan Sunnah saat Berbuka Puasa, Gus Baha Malah Bilang Baiknya Tak Perlu Pakai Kurma-Tangkap layar -Gus Baha quote

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Ramadan kian dekat, siapa yang tidak sabar untuk berpuasa? Di sini Gus Baha jelaskan tentang buka puasa menggunakan buah kurma, menurut Gus Baha malah tidak perlu pakai kurma, kok bisa?

Jelang Ramadan, sudah banyak yang menyiapkan berbagai menu makanan untuk berbuka, mulai dari makanan pembuka atau takjil hingga hidangan makanan besarnya.

Khusus menyoal tentang menu takjil atau menu berbuka puasa, Gus Baha menyebutkan banyak umat muslim yang berpendapat hukumnya sunnah berbuka puasa dengan makan kurma.

Berbeda dengan kebanyakan umat muslim yang berpendapat tentang hukum sunnah berbuka puasa dengan kurma, Gus Baha sampaikan hal yang lain tentang pendapat kurma sebagai makanan sunnah saat berbuka pusa.

BACA JUGA:Kenapa Puasa Ramadan itu Wajib? Ustaz Adi Hidayat Sebut 2 Keistimewaan Puasa Ramadan bagi Umat Islam

BACA JUGA:Bagaimana Hukum Islamnya Belum Berjilbab Tetapi Salat 5 Waktu Tidak Pernah Putus? Begini Penjelasan Gus Baha

"Menurut kamu berbuka puasa itu sunnahnya dengan makan kurma? Coba dipikir begini, itu kan kalau kamu punya uang untuk beli kurma. Kalau kamu tidak punya uang untuk beli kurma gimana?" ucap Gus Baha.

Menurut Gus Baha, berbuka dengan kurma hanya memang jika punya kemampuan untuk membelinya. Jika tidak memiliki uang yang cukup untuk membeli kurma, cukup berbuka dengan buah yang lain tidak masalah.

"Kalau kamu punya uang untuk beli kurma ya berbukanya pakai kurma, kalau ga punya uang bisa berbuka pakai anggur, kalau masih ga punya uang juga cukup berbuka dengan air putih saja tidak masalah asal kamu tidak nyolong," jelas Gus Baha.

Gus Baha menyebut islam itu tidak akan membuat umatnya repot. Berbuka puasa sunnahnya dengan yang manis. Sedangkan yang manis tidak hanya kurma

Tentang sunnah berbuka dengan kurma, Gus Baha mengatakan bahwa umat muslim tak perlu bingung. Sunnah itu kalau dikerjakan berpahala jika tidak dikerjakan tidak berdosa.

BACA JUGA:Mumet Dikejar Debt Collector? Gus Baha Ajarkan Amalan Doa Para Wali Agar Utang Lunas dalam Waktu Singkat

BACA JUGA:Sudahkah Kamu Tahu Apa Itu Pocketing Relationship? Ini 7 Tanda Pacaran Diam-Diam dengan Maksud Tersembunyi!

Gus Baha menambahkan jangan sampai hanya karena ibadah sunnah, malahan melakukan perbuatan dosa atau maksiat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: