Tidak Perlu Panik, Inilah 5 Cara Mengatasi Motor Matic yang Cepat Panas, Jangan Langsung Membawanya Ke Bengkel

Tidak Perlu Panik, Inilah 5 Cara Mengatasi Motor Matic yang Cepat Panas, Jangan Langsung Membawanya Ke Bengkel

cara mengatasi motor matic yang cepat panas--Instagram/dayamotorkarawang

Salah satu aspek, yang membuat mesin pada motor matic cepat panas adalah, karena pemilik motor terlambat mengganti oli pada motornya.

Oli sendiri, memiliki fungsi untuk meminimalkan terjadinya gesekan pada komponen yang ada pada mesin, oleh karena itu jangan sampai kamu lupa untuk mengganti olinya.

Jika kamu sampai telat untuk melakukan pergantian pada oli, ini akan menyebabkan gesekan terlalu tinggi pada komponen mesin, dan akhirnya menyebabkan mesinnya cepat panas atau overheat.

BACA JUGA:Penyuka Touring Merapat, Inilah 5 Motor yang Cocok untuk Perjalanan Jarak Jauh, Posisi Ridingnya Nyaman!

BACA JUGA:Resmi Meluncur di GIIAS 2024! Yuk Intip Kelebihan dan Kekurangan Mazda CX-60

3. Perhatikan Sistem Pendingin Mesin

Cara mengatasi motor matic yang cepat panas, selanjutnya adalah dengan memperhatikan kondisi pada sistem pendingin mesin yang ada pada motormu.

Pendingin mesin sendiri, biasanya sudah ada pada motor terbaru, ini dilakukan oleh pihak pabrikan agar meminimalkan risiko terjadinya overheat pada mesin.

Adapun sistem pendingin yang digunakan ini, biasanya berupa radiator, bahkan ada juga beberapa motor matic yang sudah menggunakan kipas pendingin.

BACA JUGA:Pemilik Motor Karbu Merapat, Ternyata Ini 5 Efek Samping Karburator Motor Kotor, Harus Ambil Tindakan!

BACA JUGA:Dianggap Sebagai Lawan Yamaha Gear? Yuk, Intip Wujud dan Spesifikasi Suzuki Swing Model 2025

4. Jangan Memaksakan Kinerja Mesin

Perlu diketahui, ketika kamu memaksakan kinerja mesin melebihi kemampuan yang dimiliki, ini akan mengakibatkan mesin menjadi lebih cepat panas.

Sebagai gambarannya, yaitu ketika kamu sedang berkendara melintasi daerah tanjakan yang ekstrem biasanya di pegunungan, karena mesinnya harus adaptasi.

Ketika kamu sedang berkendara di jalanan yang menanjak, usahakan untuk menyediakan waktu istirahat yang cukup agar mesin bisa beristirahat juga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: