Prodi Profesi Bidan UMPP Gandeng Puskesmas Doro 1 Gelar Program Kesehatan Mental untuk Dukung ASI Eksklusif

Prodi Profesi Bidan UMPP Gandeng Puskesmas Doro 1 Gelar Program Kesehatan Mental untuk Dukung ASI Eksklusif

Digelar- Prodi Profesi Bidan UMPP menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Puskesmas Doro 1, Kabupaten Pekalongan.-FOTO-Dok. UMPP

Radarpekalongan.co.id - Bertepatan dengan Pekan ASI Sedunia atau World Breastfeeding Week (WBW), Tim Pengabdian Program Studi Kebidanan Program Sarjana dan Pendidikan Profesi Bidan Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan (UMPP) menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Puskesmas Doro 1, Kabupaten Pekalongan.

BACA JUGA:Halal Center UMPP Sukses Gelar Pelatihan Juleha, Teknik Penyembelihan Hewan Sesuai Syariah

Mengangkat topik Promosi Kesehatan Ibu Hamil dalam Mempersiapkan Kesehatan Mental pada Masa Nifas Untuk Mencapai ASI Eksklusif. Program kegiatan ini melibatkan 20 peserta yang merupakan ibu hamil Trimester II - III di Wilayah Puskesmas Doro 1.

BACA JUGA:UMPP Terjunkan Mahasiswa KKN di Kabupaten Pekalongan

Kegiatan yang dibuka langsung Kepala Puskesmas Doro I, Nur Sakinah, SKM, mendapatkan sambutan baik dari pihak puskesmas setempat. Dalam kesempatan ini pula, Nur Sakinah turut memberikan motivasi kepada ibu – ibu hamil untuk mempersiapkan diri dengan baik sehingga mampu memberikan ASI eksklusif pada bayinya.

Sementara itu, Ketua Tim Kegiatan setempat, Nur Intan Kusuma, SST., M.Keb, mengatakan bahwa kesehatan mental ibu memainkan peran krusial dalam keberhasilan menyusui. 

BACA JUGA:Giat Pengabdian Masyarakat UMPP, Gelar Kelas Catin: Calon Pengantin Bisa Cegah Stunting

"Dan melalui kegiatan ini, kami berharap dapat memberikan bekal pengetahuan serta dukungan yang dibutuhkan ibu selama masa menyusui sehingga dapat menyusui eksklusif dengan nyaman dan bahagia," ungkap dia, dalam keterangan yang dibagikan, Jumat (2/8/2024).

Pihaknya menjelaskan, tujuan dari kegiatan ini yakni untuk memberikan pengetahuan terkait kesiapan psikologis masa nifas khususnya dalam pemberian ASI. Dalam pelaksanaan program ini terdiri dari beberapa sesi mulai dari penyampaian materi, demonstrasi hingga diskusi.

BACA JUGA:Warga Pekalongan, Ayo Dukung Ilham Fathu Rohman! Mahasiswa Farmasi UMPP Maju Lomba Duta Genre Nasional 2024

Selain itu, sesi ini juga memberikan kesempatan kepada ibu hamil untuk berbagi pengalaman terkait menyusui pada anak sebelumnya sehingga diketahui pencapaian – pencapaian.

Materi yang diberikan diantaranya kesiapan psikologis masa menyusui, ASI eksklusif dan teknik menyusui yang benar serta pijat oksitosin. 

BACA JUGA:Farmasi UMPP Kerjasama Apotek Grow Farmacia Karangdadap Adakan Pelatihan Minum Obat Antidiare

Dengan turut menghadirkan para pemateri yang berkompeten di bidangnya, seperti Ns. Eka Budiarto, M.Kep.Ns, Sp.Kep.J, Nur Intan Kusuma, SST., M.Keb. dan Rini Kristiyanti S.SiT., M.Keb. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: