Keberadaan IKM di Kota Pekalongan Meningkat Pesat Tahun Ini

Keberadaan IKM di Kota Pekalongan Meningkat Pesat Tahun Ini

Keberadaan Industri Kecil Menengah (IKM) di Kota Pekalongan meningka. -FOTO-Dwi Fusti Hana Pertiwi

Radarpekalongan.co.id - Keberadaan Industri Kecil Menengah (IKM) di Kota Pekalongan meningkat pesat tahun 2024 ini. Hal ini dibagikan pihak Sekretaris Dinperinaker Kota Pekalongan, Ninik Murniasih saat dikonfirmasi belum lama ini, (8/8/2024).

BACA JUGA:ITSNU Pekalongan dan LKMS Kasuwari Gelar Pelatihan Pemasaran Digital dan Kewirusahaan Bagi Pelaku UMKM

Seperti diketahui, keberadaan IKM ini sangat menopang Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atau jumlah nilai tambah atas barang dan jasa yang dihasilkan oleh berbagai unit produksi di wilayah setempat. 

BACA JUGA:HUT PWRI Ke-62 Kabupaten Pekalongan, PWRI Diharapkan Bisa Membimbing dan Mengawasi Pemkab Pekalongan

Ninik menyebut saat ini ada sekitar 10 ribu IKM di Kota Pekalongan dimana jumlah ini meningkat dari tahun sebelumnya yakni ada 8.424.

“Saat ini masih proses updating data, setiap tahun kita lakukan untuk mendapatkan data yang akurat apakah IKM masih atau sudah tidak beroperasi lagi atau ada IKM baru. Proses sudah kita lakukan di kelurahan, oktober finalisasi updating data,” ujar Ninik.

BACA JUGA:Pesta Rakyat Dukuh Regenan Desa Bligorejo, Bupati Fadia Arafiq Himbau Warga Jaga Keamanan

Ninik menjelaskan bahwa keberadaan IKM di Kota Pekalongan memiliki power yang cukup baik, dapat dilihat pada saat 2 tahun lalu terjadi pandemi covid-19 nyatanya tidak mempengaruhi pertumbuhannya.

BACA JUGA:Disnaker Batang Targetkan Rp1 Miliar untuk Retribusi Pengawasan Tenaga Kerja Asing

“Sebagai contoh, saat pandemi kemarin, IKM batik sebagian ada yang tidak produksi mereka mencoba mencari peluang baru dengan memproduksi daster, dan itu terbukti cukup baik untuk penjualannya," jelas dia.

BACA JUGA:Calon Paskibraka Kabupaten Pekalongan 2024 Terima Arahan dan Motivasi dari Bupati Fadia Arafiq

Sehingga menurutnya, IKM di Pekalongan ini menjadi sektor yang punya power dan peluang baik jika terus mampu berinovasi. " Intinya pelaku IKM ini harus terus dan tidak berhenti untuk berinovasi,” tandasnya. (Ap3)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: