Anggota DPRD Kabupaten Batang Periode 2024-2029 Resmi Dilantik, Wajah Lama Masih Mendominasi

Anggota DPRD Kabupaten Batang Periode 2024-2029 Resmi Dilantik, Wajah Lama Masih Mendominasi

Ketua Pengadilan Negeri melantik dan mengambil sumpah anggota DPRD Kabupaten Batang periode 2024 - 2029 di gedung dewan setempat.-Dony Widyo -

BATANG - Sebanyak 45 Anggota DPRD Kabupaten Batang periode 2024 hingga 2029, resmi dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Agama setempat atas nama Gubernur Jawa Tengah, Rabu 14 Agustus 2024 di gedung dewan setempat. 

Dari jumlah tersebut, sebagian besar merupakan wajah lama yang kembali terpilih pada Pemilihan Legislatif (Pileg) yang digelar pada 14 Februari 2024 lalu.

Berdasarkan data yang dihimpun, sebanyak 34 Anggota DPRD Kabupaten Batang periode 2019 - 2024, kembali terpilih dan hari ini kembali dilantik.

Sedangkan 11 anggota lainnya, merupakan wajah baru yang berhasil terpilih pada Pileg lalu, dan mulai hari ini resmi menyandang jabatan sebagai wakil rakyat.

BACA JUGA:Lagu Karya Warga Kandeman Jadi Juara Pertama Lomba Cipta Lagu Tingkat Mabes Polri, Ini Harapan Kapolres Batang

BACA JUGA:Satgas Halal Kemenag Batang Sasar Sertifikasi UMKM Binaan PT Bhimasena Power Indonesia

Sesuai hasil Pileg lalu, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) kembali memperoleh kursi terbanak, yaitu 11 kursi atau naik dari perolehan periode sebelum.

Untuk PDI Perjuangan meraih 7 kursi, Golkar 6 kursi, Partai Gerindra 5 kursi, PPP  5 kursi,  PKS 4 kursi, Partai Hanura 2 kursi, Partai Demokrat 2 kursi, Partai Nasdem 1 kursi, PAN 1 kursi, dan Partai Gelora 1 Kursi.

Dengan begitu, dipastikan kursi ketua DPRD Kabupaten Batang akan kembali dijabat wakil dari PKB.

Untuk posisi wakil ketua, dijabat perwakilan dari partai politik yang memperoleh suara terbanyak kedua, yaitu PDI-P dengan perolehan 7 kursi. Disusul oleh Partai Golkar dengan 6 kursi.

Namun untuk posisi wakil ketua tiga yang semula dijabat oleh wakil dari PPP, pada periode 2024-2029 dipastikan akan digantikan oleh wakil dari Partai Gerindra.

Perolehan kursi PPP dan Gerindra sendiri sebenarnya sama, yaitu 5 kursi, namun perolehan suara total partai Gerindra pada Pileg kemarin lebih banyak.

Masyarakat tentunya menunggu kiprah dari anggota DPRD Kabupaten Batang yang baru dilantik hari ini dalam pembangunan dan juga memajukan daerah. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: