Lewat SLCN, BMKG Edukasi Nelayan di Kota Pekalongan Tingkatkan Keselamatan dan Kesejahteraan

Lewat SLCN, BMKG Edukasi Nelayan di Kota Pekalongan Tingkatkan Keselamatan dan Kesejahteraan

Digelar- BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Emas Semarang gelar kegiatan Sekolah Lapang Cuaca Nelayan (SLCN) di Kota Pekalongan.-FOTO-Dwi Fusti Hana Pertiwi

Radarpekalongan.co.id- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Emas Semarang menggelar kegiatan Sekolah Lapang Cuaca Nelayan (SLCN) 2024, yang berlangsung di Ruang Jlamprang Setda Kota Pekalongan, Kamis (22/8/2024).

BACA JUGA:Kemenkumham Jateng Kembali Sabet Penghargaan sebagai Pengelola JDIHN Terbaik I

Kegiatan yang mengusung tema "Dengan SLCN, Wujudkan Nelayan hebat, selamat dan sejahtera" ini diikuti oleh 100 orang yang sebagian besar nelayan di Kota Pekalongan.

BACA JUGA:Dapat Rekom Hari Ini, Golkar Sepakat Usung Pasangan Calon Faiz-Suyono

Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah II, Hartanto, mengatakan kondisi cuaca dan iklim saat ini tidak menentu. Hal tersebut menuntut masyarakat khususnya nelayan untuk berpedoman pada BMKG saat melaut. 

BACA JUGA:Terima Audiensi GNPB, Kantor Pertanahan Kabupaten Batang Siap Maksimalkan Pelayanan

“Harapannya dengan berpedoman pada informasi dari BMKG ketika melaut dapat melakukan aktivitas dengan aman, selamat dan tentunya mendapatkan hasil yang maksimal. Dan diharapkan mampu mewujudkan nelayan yang lebih sejahtera kedepannya,” terang Hartanto.

BACA JUGA:Puluhan Peserta Aksi Terlihat Bentrok dengan Personil Polres Batang, AKBP Nur Cahyo: Simulasi Sispamkota

Menurutnya, hadirnya teknologi saat ini juga memungkinkan pihak BMKG bisa menyampaikan informasi dengan cepat dan terupdate kepada para nelayan.

BACA JUGA:Ayah Kandung Diduga Aniaya Bayi 2 Bulan Hingga Tewas di Pekalongan, Nur Fadhilah Ditetapkan Sebagai Tersangka

Sementara itu, Sekda Kota Pekalongan, Nur Priyatmo, mengapresiasi kegiatan SLCN yang digelar BMKG kepada ratusan nelayan di Kota Pekalongan.

BACA JUGA:Peringati Hari Jadi Kabupaten Pekalongan Ke 402, Pemkab Pekalongan Gelar Lomba Sepakbola Mini Antar Instansi

"Di era digitalisasi ini BMKG menjawab tantangan terhadap pembacan kondisi cuaca yang berguna bagi para nelayan melalui aplikasi INA-WIS BMKG. Yang berguna sebagai panduan keselamatan nelayan dalam beraktivitas," jelasnya.

BACA JUGA:Polwan Polres Pekalongan Gelar Upacara Ziarah dan Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan Bhakti Wiratama Bojong

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: