Kodim Pekalongan Bersama Dinkes Gelar Pelayanan KB Gratis, Hari Ulang Tahun ke-79 Tentara Nasional Indonesia

Kodim Pekalongan Bersama Dinkes Gelar Pelayanan KB Gratis, Hari Ulang Tahun ke-79 Tentara Nasional Indonesia

Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke-79 TNI, Kodim Pekalongan gelar pelayanan KB gratis di 19 kecamatan di Kabupaten Pekalongan. Pelayanan KB Selasa tadi pagi dilaksanakan di Puskesmas Doro 2.-Hadi Waluyo-

KAJEN, RADARPEKALONGAN.CO.ID – Kodim 0710 Pekalongan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pekalongan menggelar pelayanan KB gratis dalam rangka TNI Manunggal Bangga Kencana Kesehatan Tahun 2024.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di 19 kecamatan di Kabupaten Pekalongan dengan waktu yang telah terjadwal dimulai hari Selasa, 10 September 2024, hingga Kamis, 19 September 2024.

Untuk yang pertama kali, pelayanan KB Kesehatan dilaksanakan di Puskesmas Doro 2 dan Puskesmas Kajen 1, Selasa, 10 September 2024. 

Kegiatan pelayanan KB gratis ini merupakan rangkaian kegiatan menyambut dan memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-79 Tentara Nasional Indonesia tahun 2024 yang jatuh pada tanggal 5 Oktober 2024 mendatang.

Babinsa Koramil Doro, Serka Nur Haziz, mengatakan, guna mensukseskan kegiatan pelayanan KB gratis tersebut, seluruh Babinsa Koramil Doro bekerja sama dengan PLKB mencari akseptor serta mengantar dalam pelaksanaan KB sampai dengan kembali ke rumah.

Baca juga:Kodim Pekalongan Tanam Padi Varietas Protani di Desa Kulu Pekalongan, Padi dengan Kandungan Protein Tinggi

"Bersama PLKB, kami data pasien kemudian ajak sampai pelaksanaan dan kami antar kembali ke rumah," ujar Babinsa Nur Haziz.

Ia mengungkapkan, masih ada warga yang malu dan ragu-ragu untuk ikut KB. Untuk itu, ia mengimbau agar ibu-ibu ikut mensukseskan program KB dari pemerintah, yaitu dua anak cukup.

Sementara itu, Amalia Safira, selaku Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) Kecamatan Doro memberikan apresiasi kepada Kodim 0710 Pekalongan melalui Koramil Doro atas kerjasamanya menggelar kegiatan pelayanan KB Kes gratis.

Menurutnya, program ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun dalam rangka menyambut dan memeriahkan hari ulang tahun TNI.

"Setiap tahunnya rutin kita laksanakan dan hari ini kita gelar di Puskesmas Doro 2 dengan akseptor sementara 25 orang dan kemungkinan akan bertambah," ungkap Amalia.

Ia berharap, pada pelaksanaan KB Kesehatan tahun ini dapat menambah capaian target akseptor KB, khususnya di wilayah Kecamatan Doro. Dengan adanya kesempatan gratis ini juga dapat memudahkan warga apalagi yang belum mempunyai BPJS.

"Pada momen gratis ini, diharapkan kepada warga yang ingin ber-KB bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sehingga program keluarga berencana dapat tercapai," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: