KAI Daop 4 Semarang Pastikan Keselamatan Perjalanan dengan Terjunkan 125 Petugas Pemeriksa Jalur

KAI Daop 4 Semarang Pastikan Keselamatan Perjalanan dengan Terjunkan 125 Petugas Pemeriksa Jalur

Petugas Pemeriksa Jalur sedang memeriksa kondisi rel di wilayah Daop 4 Semarang untuk memastikan keselamatan perjalanan kereta api tetap terjaga.-Dok/Daop 4 Semarang-

Lebih dari sekadar kemampuan fisik, kecakapan berpikir juga menjadi salah satu syarat utama. Seorang PPJ dituntut untuk memahami tata cara pemeriksaan jalur rel secara mendalam, serta mampu menganalisis dan mengevaluasi setiap potensi gangguan yang bisa mengancam keselamatan perjalanan kereta api.

BACA JUGA:Pecinta Kopi Wajib Tahu! 5 Tempat Nongkrong di Jogja dengan Pemandangan Kereta Api yang Instagramable

Dalam situasi tertentu, mereka harus dapat menentukan pembatasan kecepatan kereta api jika diperlukan untuk memastikan keselamatan perjalanan.

Sebelum dinyatakan siap bertugas di lapangan, seorang PPJ harus melalui berbagai tahapan pelatihan.

Mereka wajib mengikuti modul pelatihan khusus PPJ, diklat tenaga perawatan jalur kereta api tingkat pelaksana, hingga mendapatkan sertifikasi calon pemeriksa jalur yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan.

Setelah dinyatakan kompeten dan menerima sertifikat resmi, barulah mereka dapat bertugas secara penuh sebagai PPJ KAI.

"Kerja keras dan dedikasi dari para Petugas Pemeriksa Jalur merupakan fondasi penting dalam menjaga keselamatan perjalanan kereta api. Berkat mereka, KAI dapat memastikan bahwa setiap pelanggan kami dapat tiba di tujuan dengan selamat," tutup Franoto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: