Muslim Wajib Tahu! Inilah 4 Hal Penyebab Rezeki Seret Menurut Islam yang Harus Kalian Hindari

Kamis 02-11-2023,04:30 WIB
Reporter : Yanuar Faturahman
Editor : Dony Widyo

2. Tidur Pagi

Penyebab rezeki seret menurut Islam yang selanjutnya yaitu tidur pagi. Mengutip dari buku "Dongkrak Rezeki" karangan Dedik Kurniawan, tidur pagi dapat menghambat dan menghalangi rezeki seseorang.

Hal tersebut selaras dengan hadits Nabi Muhammad SAW yang berbunyi: "Tidur pagi itu dapat menghalangi dan menghambat datangnya rezeki." (HR. Ahmad dan Baihaqi).

Mengapa Nabi Muhammad SAW berkata demikian? Karena, pagi hari merupakan waktu yang penuh berkah dan pada saat itu Allah SWT membukakan pintu rezeki-Nya.

3. Melalaikan Sholat

Penyebab rezeki seret menurut Islam yang berikutnya yaitu melalaikan sholat. Syekh az-Zarnuji melalui kitab Ta'lim al-Muta'allim menjelaskan bahwa orang-orang yang melalaikan sholat, baik secara disengaja maupun tidak disengaja secara tidak langsung juga menghambat dan menghalangi rezekinya.

BACA JUGA:Jangan Lakukan Hal Ini! Inilah 5 Penyebab Pintu Rezeki Tidak Terbuka, Hindari Jika Ingin Rezeki Lancar

4. Memutus Tali Silaturahmi

Penyebab rezeki seret menurut Islam yang terakhir yaitu memutus tali silaturahmi. Firdaus Aden dalam bukunya yang berjudul "Bila Rezekimu Sempit" menjelaskan bahwa memutus tali silaturahmi dapat menjadi salah satu faktor terhalangnya rezeki seseorang.

Bahkan, Nabi Muhammad menjelaskan terkait ancaman bagi mereka yang memutus tali silaturahmi dalam haditsnya yang berbunyi: "Tidak ada dosa yang lebih pantas disegerakan balasannya bagi para pelakunya di dunia bersama dosa yang disimpan untuknya di akhirat daripada memutus tali silaturahmi dan perbuatan zalim." (HR. Abu Dawud).

Itulah tadi beberapa hal penyebab rezeki seret menurut Islam yang harus kalian hindari jika ingin rezeki mengalir deras. Semoga bermanfaat.(*)

Kategori :