6 Tips untuk Memperbaiki Komunikasi yang Buruk dengan Pasangan, Jawaban untuk Kegundahan Hubunganmu

Selasa 06-02-2024,22:00 WIB
Reporter : Ana Miratus Sholekhah
Editor : Dony Widyo

Fokus pada Kata “Aku”, Bukan “Kamu”

Untuk menghindari konflik dan memperbaiki komunikasi yang buruk dengan pasangan, penting bagimu untuk memperhatikan ke arah mana fokusmu saat berbicara dengan pasangan.

Pastikan kamu menggunakan aku daripada kamu, sebab in akan membantumu mengungkapkan perasaan dan pengalaman pribadimu tanpa menyalahkan pasangan. Dengan fokus ini, kamu juga bisa meminimalisir sikap defensif dan bisa menciptakan ruang berbicara yang lebih konstruktif.

BACA JUGA 5 Bentuk Komunikasi yang Manipulatif, Jangan Mau Dibodohi dan Dimanfaatkan Oleh Orang Lain!

Berempatilah

Berbicara tentang komunikasi, kamu tidak bisa lepas dari perasaan. Dalam menyampaikan maupun menerima pesan, kamu selalu berhubungan dengan aspek emosi dan kognisi lawan bicaramu.

Oleh karenanya, jika kamu ingin memperbaiki komunikasi yang buruk dengan pasangan dan menciptakan komunikasi yang lebih efektif, cobalah untuk melihat situasi dari kacamata lawan bicaramu. Cobalah untuk memahami perasaan mereka, pikiran, hingga pertimbangan mereka dalam memutuskan sesuatu.

Cara memperbaiki komunikasi yang buruk dengan pasangan ini akan membantumu mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang pasanganmu, meningkatkan empati, dan membangun kedekatan emosional yang lebih kuat.

Jaga Keteraturan dalam Berkomunikasi

Jika ingin merawat hubunganmu dengan baik, maka pastikanlah bahwa komunikasi merupakan sesuatu yang terjadi secara kontinu atau terus menerus. Jangan biarkan komunikasi absen dalam hubunganmu.

Sesingkat apa pun itu, sediakanlah waktu untuk berkomunikasi dengan pasanganmu secara teratur. Sebab, meniadakan komunikasi dalam keseharian dapat mengurangi keintiman dalam hubungan, serta membuat informasi-informasi penting tertentu tentang satu sama lain sangat mungkin terlewatkan olehmu maupun pasangan.

Kerja Sama, Jangan Lakukan Sendiri

Hubungan adalah milikmu dan pasangan, bukan semata milikmu saja. Oleh karenanya, memperbaiki komunikasi yang buruk dengan pasangan bukanlah tanggung jawab salah satu pihak saja, melainkan tanggung jawab bersama.

Maka, pastikan kamu dan pasangan berkomunikasi untuk mencari solusi bersama. Hindari menyalahkan satu sama lain dan fokuslah pada penyelesaian masalah. Dengan bekerja sama, kamu dapat memperkuat ikatanmu dan mengatasi hambatan komunikasi yang ada.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki komunikasi yang buruk dengan pasangan. Ingat selalu bahwa komunikasi merupakan fondasi dalam membangun hubungan dan kamu tidak bisa menyepelekannya. (*)

Kategori :