Uniknya Sedekah Bumi di Sangkanjoyo, Ratusan Ancak Nasi Disajikan

Uniknya Sedekah Bumi di Sangkanjoyo, Ratusan Ancak Nasi Disajikan

KAJEN - Tradisi tahunan sedekah bumi yang dilangsungkan di Desa Sangkanjoyo, Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan terbilang unik. Saat prosesi dalam rangka ungkapan syukur itu, ada ratusan nasi ancak yang disajikan di balai desa setempat.

Seperti berlangsung baru-baru ini. Ratusan warga dengan kompak membawa nasi dan lauk pauk sederhana dengan wadah ancak (anyaman bambu yang diklilingi plapah batang pohon pisang-red). Mereka berbondong bondong datang ke balai desa menggelar doa bersama dalam rangka sedekah bumi.

"Harapan kami, dengan kebersamaan rasa syukur ini kita berdoa semoga Allah memberikan keberkahan keselamatan serta tanah yang subur gemah ripah loh jinawi dan dihindarkan dari bencana alam dan wabah penyakit (Covid-19) ," ungkap Kepala Desa Sangkanjoyo, Rudi kepada Radar baru-baru ini.

Dijelaskan Rudi, acara yang cukup singkat perencanaanya ini diapresiasi oleh warga, hingga di tiap rumah sepakat membawa satu ancak dari sebanyak 400 rumah saling mendukung.

"Doa bersama warga desa kita telah panjatkan, kebersamaan warga ini bisa dijadikan momentum untuk menjalin tali silaturahim bersama warga. Semoga ke depan semangat guyub rukun gotong royong ini menjadi pemersatu untuk menata dan membangun desa menjadi lebih baik," ungkapnya.(jun)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: