Uri-uri Budaya Jawa, Warga Gelar Sedekah Bumi

Uri-uri Budaya Jawa, Warga Gelar Sedekah Bumi

SEDEKAH BUMI - Sebagai bentuk syukur, warga dataran tinggi Dukuh Cokrowati Desa Kasimpar Kecamatan Petungkriyono menggelar sedekah bumi. -Triyono-

KAJEN - Untuk melestarikan atau uri uri budaya jawa agar tetap dikenal sekaligus sebagai bentuk syukur, warga dataran tinggi Dukuh Cokrowati Desa Kasimpar Kecamatan Petungkriyono menggelar sedekah bumi. Kegiatan diisi dengan kirab hasil bumi dan pentas budaya tradisional. 

Sedekah bumi kali ini digelar oleh warga Dukuh Cokrowati Desa Kasimpar Kecamatan Petungkriyono. Selain kirab hasil bumi, juga diisi dengan ronggeng atau Tayub dari Banjarnegara. Kemudian juga hiburan Syandita musik Petungkriyono. 

Kirab hasil bumi digelar oleh warga sekitar sudah berjalan puluhan tahun lalu, namun sempat tak digelar pada Covid -19. Kirab berupa hasil bumi berupa cabe, tomat, terong, kacang, kubis dan lainnya dibuat gunungan kemudian setelah diarak disebutkan untuk warga. 

"Sedekah bumi merupakan bentuk syukur akan hasil Pertanian atau perkebunan yang melimpah, " ungkap perangkat Desa Kasimpar Kecamatan Petungkriyono, Kamis (22/06/2023). 

Menurutnya, acara rutin tahunan tersebut selalu dilaksanakan warga sekitar agar hasil bumi kedepan bertambah melimpah. Sebab mayoritas mata pencaharian warga sekitar sebagai petani atau berkebun. 

"Sedekah bumi kali ini disambut antusias warga karena saat covid 19 sempat facum. Oleh karena itu kegiatan ini lebih meriah dibandingkan sebelumnya, "lanjut Casmanto. (Yon

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: