Cegah Penyakit Kronis, Jangan Dilewatkan! Ini 18 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan Tubuh

Cegah Penyakit Kronis, Jangan Dilewatkan! Ini 18 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan Tubuh

Buah Naga-Tangkapan layar freepik.com-

RADARPEKALONGAN - Buah naga atau dragon fruit kandungan nutrisinya tinggi sehingga sangat baik dikonsumsi untuk kesehatan tubuh. Ada banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh, mulai dari pencegahan penyakit kronis, mencegah penuaan dini hingga mencegah penyakit mata.

Buah dengan kulit unik bak sisik kulit naga ini merupakan kelompok tanaman kaktus dari genus Selenicereus dan Hylocereus. Buah ini asli dari Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan Meksiko. Buah naga banyak dibudidayakan di sejumlah negara, termasuk di Indonesia.

Buah naga bisa menjadi asupan yang sehat. Tak hanya daging buahnya, biji di dalamnya juga aman untuk dikonsumsi. Bahkan, bijinya pun miliki manfaat untuk kesehatan tubuh.

Dilansir halodoc.com, dalam 227 gram buah naga mengandung 136 kalori, 3 gram protein, 29 gram karbohidrat, dan 7 gram serat. Zat besi memenuhi 8% kebutuhan harian, magnesium memenuhi 18% kebutuhan harian, vitamin C memenuhi 9% kebutuhan harian, dan vitamin E memenuhi 4% kebutuhan harian. Kandungan lainnya pada buah naga ialah senyawa-senyawa bermanfaat seperti polifenol, betasianin dan karotenoid. 

Baca juga:Turunkan Hipertensi hingga Atasi Batuk Pilek, Cukup Petik Belimbing Wuluh di Pekarangan Rumah

Dengan kandungan nutrisi di dalamnya, berikut ini manfaat buah naga untuk kesehatan dilansir dari berbagai sumber:

1. Mencegah penyakit kronis

Kerusakan sel bisa ditimbulkan oleh radikal bebas. Sel yang rusak dapat menyebabkan peradangan dan penyakit. Nah, salah satu cara untuk mengatasi kerusakan sel akibat radikal bebas dengan mengonsumsi makanan kaya antioksidan seperti buah naga. Radikal bebas akan dinetralkan antioksidan, sehingga peradangan dan kerusakan sel bisa dicegah.

Risiko penyakit kronis seperti kanker, diabetes, radang sendi hingga gangguan jantung bisa diturunkan dengan terpenuhinya kebutuhan antioksidan dalam tubuh. Ini seperti dilansir dari British Journal of Pharmacology. 

2. Mengatasi sembelit

Sembelit bisa teratasi dengan kandungan serat dalam buah naga. Untuk itu, buah naga cocok dijadikan sebagai cemilan sehat sehari-hari.

3. Meningkatkan kesehatan usus

Melansir dari jurnal Food Chemistry, buah naga mengandung prebiotik, sehingga berpotensi meningkatkan keseimbangan bakteri baik di usus. Prebiotik adalah jenis serat khusus yang mendorong pertumbuhan bakteri sehat atau probiotik di usus. Risiko infeksi pada saluran pencernaan dan diare dapat dicegah dengan mengonsumsi prebiotik secara teratur. 

4. Meningkatkan fungsi otak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: