Pendidikan dan Pelatihan Satpam Gada Pratama di Polres Pekalongan Diikuti 48 Peserta

Pendidikan dan Pelatihan Satpam Gada Pratama di Polres Pekalongan Diikuti 48 Peserta

Peserta pendidikan satpam gada pratama di Polres Pekalongan foto bersama.-Hadi Waluyo-

KARANGANYAR,RADARPEKALONGAN – Upacara pembukaan pendidikan dan pelatihan satpam Gada Pratama tingkat Polda Jateng di Polres Pekalongan dilaksanakan di D'Avsana Garden di Desa Limbangan, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan.

Upacara dihadiri oleh Kasubdit Binsatpam/Polsus Dit Binmas Polda Jateng AKBP Anita Indah Setyaningrum, Kasi Binlat Subdit Binsatpam/Polsus Dit Binmas Polda Jateng Kompol Dewi Indah Utami, BUJP PT Garuda Indonesia Sukses Eko Rismanto, dan Kasat Binmas Polres Pekalongan AKP Qurotul Aini.

Pendidikan dan pelatihan satpam Gada Pratama kali ini diikuti oleh 48 peserta yang akan mengikuti pelatihan selama 10 hari.

Baca juga:RDP dengan Komisi III DPRD Kabupaten Pekalongan, LSM Formasi: Jangan Sampai ada OTT di Kajen!

Kasi Binlat Subdit Binsatpam/Polsus Dit Binmas Polda Jateng Kompol Dewi Indah Utami, Jumat (7/7/2023), mengatakan, pelatihan satpam Gada Pratama ini pada dasarnya merupakan salah satu upaya dalam rangka meningkatkan kemampuan, keterampilan dan cara bertindak.

“Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa satuan pengamanan swakarsa di wilayah masing-masing merupakan mitra dalam mengemban fungsi Kepolisian di lapangan,” ujarnya.

Menurutnya, program pelatihan ini diadakan sebagai wujud kepedulian dan keseriusan dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di bidang kamtibmas pada seluruh aspek kehidupan dan sekaligus memupuk rasa kebersamaan Polri dengan segenap komponen pengamanan swakarsa.

Terselenggaranya pelatihan satpam Gada Pratama yang dilaksanakan mulai hari ini, merupakan kerjasama Direktorat Pembinaan Masyarakat Polda Jateng dengan BUJP PT. Garuda Indonesia Sukses. “Kerja sama semacam ini perlu ditingkatkan agar mampu membentuk anggota satpam yang memahami, menguasai dan terampil secara profesional dalam pelaksanaan tugas,” lanjutnya.

Dalam kesempatan itu pula, Kompol Dewi menekankan beberapa hal kepada peserta pelatihan diantaranya, untuk mengikuti pelatihan sebaik mungkin guna menyerap pengetahuan dan keterampilan yang diberikan oleh para instruktur.

“Atur waktu dan jaga kesehatan agar dapat mengikuti pelatihan ini dengan baik, siapkan fisik dan mental dalam mengikuti pelatihan ini, sehingga bisa mendapatkan hasil yang optimal dan jalin hubungan yang harmonis dengan sesama peserta diklat, pembina dan instruktur,” imbuhnya.

Kepada BUJP yang secara langsung maupun tidak langsung terlibat dalam upaya pemeliharaan dan pengembangan satpam, Inspektur upacara berharap agar senantiasa menata dan mengembangkan organisasi satpam, serta mengevaluasi penggunaan dan pelaksanaan tugas-tugasnya.

“Inventarisir setiap bentuk gangguan kamtibmas yang terjadi di lingkungan kerjanya, termasuk kendala-kendalanya yang perlu dipecahkan serta peluang yang dapat dimanfaatkan, kemudian konsultasikan dan dan koordinasikan dengan Polri dalam rangka realisasi pengamanan terpadu,” ungkapnya.

“Tak lupa, khusus kepada para instruktur, diharapkan dalam pelatihan satpam dapat menyiapkan dan memberikan materi pelajaran sesuai dengan kurikulum yang telah ada serta kebutuhan praktis di lapangan,” tambah Kompol Dewi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: