Amalan Sunah di Bulan Muharam, Ustaz Syafiq Ingatkan untuk Lapangkan Rezeki Buat Keluarga di Hari Asyura

Amalan Sunah di Bulan Muharam, Ustaz Syafiq Ingatkan untuk Lapangkan Rezeki Buat Keluarga di Hari Asyura

Ustadz Syafiq Riza Basalamah-Tangkapan layar video kanal Youtube SAP Channel.-

Adapun amalan-amalan yang lainnya dimana Malikiyah dan sebagian ulama lainnya berpendapat ada 12 amalan yang bisa diamalkan di hari Asyura ini, namun Ustadz Syafiq menyatakan empat amalan tadi yang mungkin bisa diamalkan di bulan Muharam ini. "Puasa hadistnya sohih, melapangkan nafkah buat keluarga hadistnya diperselisihkan, sedekah dan taubat pun kita laksanakan sepanjang tahun," katanya.

Adapun 12 amalan yang disebutkan yakni berpuasa, banyak ibadah shalat, silaturahim dengan keluarga dan famili, ziarah ke ulama, menjenguk orang sakit, memakai celak, mengusap kepala anak yatim, bersedekah kepada fakir miskin, mandi, membuat menu makanan keluarga yang istimewa, memotong kuku, dan membaca surat Al-Ikhlas sebanyak 1000 kali, kata dia, amalan-amalan itu tidak diriwayatkan dalam hadist yang shahih. "Sehingga kita cukup empat tadi mengamalkannya," ujar Ustadz Syafiq.

"Mengusap anak yatim, membantu anak yatim lakukan sepanjang tahun," katanya. 

Ia menambahkan, ada satu amalan yang biasa dilakukan oleh orang-orang Syiah sepanjang tahun di hari Asyura. Mereka mengadakan perayaan kesedihan atas kematian Husein. Menurutnya, merayakan kematian Husein tidak disyariatkan oleh Allah Ta'ala.

"Jangan lupa puasa Asyura tanggal sembilan dan sepuluh Muharam dan sepanjang bulan. Yang penting tidak penuh sepanjang Muharam," pesannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: