9 Penyebab Mengantuk di Pagi Hari, Bukan Sekedar Kurang Tidur

9 Penyebab Mengantuk di Pagi Hari, Bukan Sekedar Kurang Tidur

Ilustrasi mengantuk di pagi hari.-Tangkapan layar freepik.com-

Beberapa obat memiliki efek samping mengantuk. Misalnya antipsikotik, obat antidepresan, antihistamin, obat penurun tekanan darah, obat jantung, obat penyakit tiroid, dan obat asma.

6. Gangguan tidur

Meskipun sudah cukup tidur di malam hari, berbagai gangguan tidur, misalnya insomnia, sleep apnea atau gangguan pernapasan saat tidur, narkolepsi, hipersomnia atau kantuk berlebihan di pagi atau siang hari. Sindrom kaki gelisah juga bisa jadi pemicu ngantuk di pagi hari. 

7. Konsumsi minuman beralkohol

Durasi tidur dan kualitas tidur secara keseluruhan bisa terganggu saat mengonsumsi minuman beralkohol, meskipun hanya minum sedikit. Alkohol yang dikonsumsi pada malam hari sebelum tidur dapat menimbulkan efek mengantuk di keesokan hari. Kepala akan terasa berat jika malam hari mabuk karena minum minuman beralkohol. 

Baca juga:Tips Agar Tidak Cepat Mengantuk Saat Berkendara Motor di Perjalanan Jauh

8. Menderita penyakit tertentu

Beberapa penyakit tertentu bisa mengurangi kualitas tidur hingga akhirnya membuat ngantuk di pagi hari dan lelah atau lemas seharian. Beberapa penyakit tersebut, di antaranya anemia, sindrom kelelahan kronis, gangguan tiroid, diabetes, penyakit ginjal, gagal jantung, asma, penyakit asam lambung dan gangguan makan.

9. Gangguan psikologis

Gangguan psikologis seperti stres berat, gangguan cemas, dan depresi bisa menjadi penyebab mengantuk di pagi hari. Stres, gangguan cemas dan depresi dapat membuat penderitanya mengalami insomnia, sehingga cenderung mengantuk saat pagi hari. Persoalan psikologis ini jadi salah satu penyebab umum seseorang mengantuk di pagi hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: