Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Hingga Perlancar BAB, Berikut 11 Manfaat Buah Rambutan untuk Kesehatan

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Hingga Perlancar BAB, Berikut 11 Manfaat Buah Rambutan untuk Kesehatan

Buah rambutan-Tangkapan layar freepik.com-

RADARPEKALONGAN - Buah rambutan kaya nutrisi untuk kesehatan tubuh. Selain mampu meningkatkan daya tahan tubuh, manfaat buah rambutan untuk kesehatan diantaranya menurunkan risiko diabetes, mampu menurunkan berat badan hingga perlancar BAB. 

Dilansir alodokter, di dalam 100 gram buah rambutan, terdapat sekitar 70 kalori. Selain itu kandungan nutrisi lainnya berupa 0,9 gram protein, 18 gram karbohidrat, 0,8–1 gram serat, 15 miligram kalsium, 15 miligram fosfor, 0,5 miligram zat besi, 15 miligram natrium, 110 miligram kalium dan 60 miligram vitamin C.

Buah mirip leci tapi berambut ini juga mengandung magnesium, folat, zinc, kolin, dan aneka vitamin lain, seperti vitam A dan vitamin B. Buah rambutan juga kaya akan antioksidan, seperti anthocyanin, senyawa fenolik, dan flavonoid.

Dengan kandungan nutrisi di atas, manfaat buah rambutan untuk kesehatan sangat banyak.

Baca juga:Jaga Kesehatan Kulit dan Tingkatkan Kualitas Tidur, Ini 9 Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat buah rambutan untuk kesehatan:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh akan meningkat dengan manfaat antioksidan dan antibakteri yang dihasilkan dalam kandungan vitamin C dalam buah rambutan. Ini akan melindungi tubuh dari serangan penyakit. 

2. Menurunkan risiko diabetes

Dengan indeks glikemik yang rendah, buah rambutan dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Namun, tetaplah mengonsumsinya dengan bijak karena rasanya tetap manis.

3. Membantu mengontrol tekanan darah

Makanan tinggi kalium, seperti rambutan, terbukti membantu menjaga tekanan darah dalam batas normal. Selain itu, bagi penderita tekanan darah tinggi dapat menurunkan tekanan darah sistoliknya dengan meningkatkan asupan kalium seperti yang ada dalam buah rambutan. 

4. Melancarkan pencernaan

Buah rambutan mengandung serat larut tidak air. Yakni, jenis serat yang tidak menyatu dengan air dan langsung melewati sistem pencernaan sehingga langsung mendorong feses di dalam usus. Dampaknya, pencernaan lancar dan tidak sulit mengeluarkan feses saat BAB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: