Demi Keselamatan, Pemadaman Kebakaran Hutan Pinus di Kalijoyo Pekalongan Dihentikan Sementara

Demi Keselamatan, Pemadaman Kebakaran Hutan Pinus di Kalijoyo Pekalongan Dihentikan Sementara

Personel Polres Pekalongan mencoba padamkan kebakaran hutan di Desa Kalijoyo Kecamatan Kajen yang siang tadi kian meluas. Malam ini pemadaman dihentikan sementara dengan pertimbangan faktor keamanan.-Hadi Waluyo-

KAJEN,RADARPEKALONGAN - Meskipun titik api masih tampak membakar kawasan hutan pinus di Dukuh Empon-empon, Desa Kalijoyo, Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan, namun proses pemadaman kebakaran hutan oleh aparat gabungan bersama warga malam ini dihentikan sementara.

Penghentian sementara pemadaman kebakaran hutan pinus di lahan Perhutani di Desa Kalijoyo ini dengan pertimbangan keamanan warga dan petugas. Pasalnya, lokasi kebakaran medannya cukup ekstrem dan sulit dilalui. 

“Beberapa titik api sudah bisa dipadamkan dengan alat seadanya, namun masih ada lagi yang belum dikarenakan lokasi yang cukup susah dilalui dan jauh dari sumber mata air,” kata KBO Satuan Samapta Polres Pekalongan, Ipda Hartanto, Jumat malam, 22 September 2023. 

Cuaca panas serta angin yang cukup kencang menyebabkan api berkobar cukup besar dan dengan mudah merembet ke pohon pinus yang lain. “Untuk pemadaman sementara kita hentikan karena demi keselamatan anggota dan warga,” kata Ipda Hartanto.

Baca juga:3 Hektare Hutan Pinus di Kalijoyo Pekalongan Kembali Terbakar, Titik Api Belum Sepenuhnya Padam

Personel gabungan berusaha memadamkan kebakaran hutan yang terjadi di hutan pinus LMDH Wonojoyo Petak 14B1RPH Tambaksari BKPH Kesesi, Pangkuan wilayah Dukuh Empon-Empon Desa Kalijoyo Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan sejak Jumat siang tadi. 

Sebelumnya, kebakaran terjadi di lokasi yang sama pada Rabu, 20 September 2023. Namun kebakaran siang tadi kian meluas, bahkan sudah merembet mendekati perbatasan dengan Desa Kutorojo. 

“Karena medan yang cukup sulit, pemadaman api belum maksimal dan sampai sekarang masih terdapat beberapa titik api yang belum padam, sedangkan api sudah merembet mendekati perbatasan dengan Desa Kutorojo,” ujar Kapolsek Kajen Iptu Turkhan.

Dijelaskannya, kebakaran ini sudah melahap sekitar 3 hektare hutan pinus di wilayah itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: