Baca Ini! 6 Cara Mengendalikan Emosi yang Muncul Tiba-Tiba Ketika di Tempat Kerja

Baca Ini! 6 Cara Mengendalikan Emosi yang Muncul Tiba-Tiba Ketika di Tempat Kerja

cara mengendalikan emosi yang muncul tiba-tiba-ilustrasi emosi yang tak terkontrol ketika di kantor-freepik.com

RADARPEKALONGAN - Penting bagi kalian para pekerja mengetahui cara mengendalikan emosi yang muncul tiba-tiba. Emosi kerapkali datang tanpa diminta dan diwaktu yang tidak diduga. Misalnya, saat kalian sedang bekerja.

Terkadang ketika sedang bekerja, kalian akan merasakan perubahan suasana yang buruk yang menyebabkan emosi tersebut datang.

Nah, apabila kalian sudah tersulut saat bekerja, pastinya kalian dituntut harus tetap tenang sembali menyingkirkan emosi yang menyelimuti kalian. Ada banyak cara mengendalikan emosi yang muncul tiba-tiba. Berikut ini cara-caranya.

1. Membuang Pikiran Buruk

Cara mengendalikan emosi yang muncul tiba-tiba yang pertama adalah buang jauh-jauh pikiran buruk dari hidup kalian. 

BACA JUGA:5 Cara Dasar Manajemen Emosi yang Dianjurkan dalam Perspektif Islam, agar Tidak Gampang Terbawa Emosi

BACA JUGA:Jangan Asal! Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Memulai Olahraga untuk Memulihkan Kesejahteraan Emosional

Dalam dunia pekerjaan, tentunya bos terkadang mengkritik pekerja kalian. Pada kondisi tersebut, potak kalian akan cenderung lebih fokus memikirkan jalan keluar terbaik untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Padahal, tahukan kalian, tanpa kalian sadari hal tersebut justru akan memicu timbulnya emosi. Karena, otak yang dipaksa untuk berpikir tentu akan terasa panas dan emosi pun muncul.

Kalau sudah begitu, salah satu cara yang dapat Anda lakukan yaitu berhenti memikirkan hal-hal tersebut.

Kalian dapat  menenangkan diri di tempat yang sepi dan nyaman untuk membuang segala pikiran buruk dan membuang permasalahan yang sedang kalian alami sejenak sampai otak kalian kembali dingin.

BACA JUGA:Upgrade Tingkat Kesejahteraan Emosional dengan 6 Cara Ini, Buat Kamu Lebih Stabil!

BACA JUGA:Pentingnya Memiliki Kesehatan Emosional yang Baik, Bisa Berimbas pada 3 Aspek Ini

2. Membuat Hal yang Membuat Emosi Menjadi Hal Positif

Apabila bos kalian selalu mengkritik pekerjaan kalian. Kalian bisa menganggap kritikan atau perkataan bos kalian tersebut sebagai sebuah masukan baik yang akan meningkatkan kinerja kalian nantinya.

Mengubah emosi menjadi motivasi tentunya sangat membantu kalian untuk dapat menjaga sikap profesionalisme.

3. Melakukan Tarikan Nafas yang dalam dan lambat

Cara mengendalikan emosi yang muncul tiba-tiba yang berikutnya adalah melakukan tarikan nafas yang dalam dan lambat.

Ketika kalian marah akan tugas kantor yang belum selesai, ditambah bos yang selalu mengkritik pekerjaan kalian, tanpa kalian sadari nafas kalian akan lebih pendek dan cepat.

BACA JUGA:Mengenal 6 Emosi Dasar pada Manusia dan Cara Pengaplikasiannya dalam Kehidupan Sehari-hari

BACA JUGA:Pentingnya Memiliki Kesehatan Emosional yang Baik, Bisa Berimbas pada 3 Aspek Ini

Nafas yang pendek dan cepat inilah yang bisa menimbulkan emosi yang muncul tiba-tiba. Hal ini dikarenakan, kurangnya asupan oksigen tubuh yang membuat otak bekerja kurang optimal.

Untuk itu, ketika kondisi tersebut terjadi, tarik nafaslah yang dalam dan lambat dari hidung. Kemudian keluarkan secara perlahan dari mulur.

Sebelum atau pada saat mulai emosi, kalian juga hitung dari 1 hingga 10 untuk meredakan emosi yang ada dalam hati dan pikiran kalian. Jika emosi tersebut belum juga reda, hitunglah dari 1 hingga 100 sambil melakukan teknik pernafasan yang dalam dan lambat.

Hal ini dilakukan agar denyut nadi kalian dapat turun dan kemarahan atau emosi yang menyelimuti kalian akan lebih mungkin untuk diredakan.

BACA JUGA:Catat! 6 Faktor Penyebab Emosi Tidak Terkontrol, Begini Solusi Mengatasinya

BACA JUGA:Pentingnya Manajemen Emosi dalam Kehidupan Sehari-hari, Jangan Biarkan Emosi Menguasai Diri!

4. Klarifikasi Ulang

Masalah hadir karena adanya miskomunikasi. Jika bos kalian mengkritik pekerjaan kalian, kalian harus tetap tenang dan jangan langsung menyolot.

Sebaiknya, tunggu bos kalian selesai berbicara dan diskusikan semuanya secara baik-baik. Hal ini dilakukan agar percakapan atau maksud dari kedua belah pihak tersampaikan semuanya.

5. Rehat dan Tenangkan Diri

Jika sudah merasa penat dengan situasi pekerjaan, ambilah waktu rejat dan jernihkan pikiran kalian sejenak. Misalnya dengan menyeruput secangkir kopi di waktu sore di luar tempat kerja ataupun tempat yang menenangkan dengan atmosfer yang tidak bising.

Atau tidak, kalian bisa sedikit meluangkan waktu mendengarkan lagu favorit kalian di taman samping kantor agar udara segar bisa masuk ke dalam tubuh dan merefreshkan otak dan merelaksasikan tubuh kalian.

BACA JUGA:Tolong, Bicara dengan Anak Jangan Pakai Emosi

BACA JUGA:Cobain Yuk, 7 Cara Meningkatkan Kecerdasan Emosional Ini Akan Membuat Hidupmu Lebih Damai

Kalian juga bisa berjalan-jalan santai, atau bersepeda di taman kota sembari melihat hijaunya tanaman dan cantiknya bunga-bunga yang ditanam.

Intinya, ambil waktu untuk menyendiri (me time) untuk menenangkan diri agar pikiran bebas dari emosi yang tak diperlukan.

6. Coba untuk Bersabar

Ketika semua cara mengendalikan emosi yang muncul tiba-tiba seperti tidak berhasil, hal terakhir yang dapat kalian lakukan adalah dengan tetap bersabar. Ingat! Jangan pernah terpancing situasi apapun yang bisa menimbulkan emosi muncul secara membludak.

Sebab, emosi dapat merusak hubungan dengan rekan kerja yang membuat atasa atau bos kalian tidak akan ragu untuk memberikan penilaian yang lebih buruk terhadap sikap kalian.

BACA JUGA:4 Alasan Pentingnya Percaya Diri dalam Psikologi, Kunci Menuju Kesejahteraan Mental

BACA JUGA:6 Kesulitan Siswa Belajar Di Sekolah Menurut Aspek Psikologi dan Apa Saja Penyebabnya, Pantau terus Ya Bun!

Itulah beberapa cara mengendalikan emosi yang muncul tiba-tiba ketika sedang berada di Kantor. Pastikan diri kalian untuk tetap berpikir  jernih dan kendalikan emosi kalian dengan baik ketika di tempat kerja.

Terakhir, jangan pernah membawa permasalahan pribadi ke kantor karena dapat membuat pekerjaan kalian menjadi berantakan. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: