Enak dan Bermanfaat! 4 Buah untuk Meredakan Darah Tinggi Lengkap dengan Kandungan di Dalamnya

Enak dan Bermanfaat! 4 Buah untuk Meredakan Darah Tinggi Lengkap dengan Kandungan di Dalamnya

buah untuk meredakan darah tinggi-delima merah untuk menurunkan hipertensi-freepik.com

RADARPEKALONGAN - Mengonsumsi buah untuk meredakan darah tinggi merupakan salah satu cara untuk menurunkan tensi darah. Lantas apakahh ada buah untuk meredakan tinggi tersebut?

Seperti yang diketahui, selain memiliki rasa yang menyegarkan, buah-buahan segar juga memilki banyak manfaat untuk kesehatan, baik itu kesehatan kulit, gigi dan tulang, maupun tubuh.

Nah, salah satu manfaat buah untuk kesehatan tubuh yakni untuk meredakan darah tinggi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi buah-buahan yang tinggi akan kalium dan magnesium dipercaya mampu menurunkan tekanan darah.

Tidak ada 2 mineral itu saja loh. Kandungan serat, vitamin, serta antioksidan yang ada di dalam buah-buahan segar juga berperan penting dalam menurunkan darah tinggi. Adapun beberapa jenis buah untuk meredakan darah tinggi yakni sebagai berikut

BACA JUGA:Aman dan Mudah! Ini Dia 7 Cara Mengecilkan Perut, Dijamin Ampuh

BACA JUGA:Inilah Daftar Jus Penghilang Sakit Kepala yang Mengandung Multivitamin Alami

1. Pisang

Buah segala umat ini selain memiliki rasa manis dan lezat, pisang juga merupakan salah satu jenis buah untuk meredakan darah tinggi.

Hal ini tak lain dikarenakan kandungan akan kaliumnya yang tinggi. Kalium ini bekerja dengan cara membantu melemaskan dinding pembuluh darah, sehingga dapat menurunkan tekanan darah.

Buah pisang yang bisa bermanfaat untuk meredakan darah tinggi adalah segala jenis buah pisang. Contohnya buah pisang kepok.

Sebuah penelitian mengatakan bahwa dalam 1 buah pisang kepok dengan berat 150 gram terdapat 450 mg kalium.  Selain itu ada juga pisang raja sereh dan pisang uli dengan barat yang sama yakni 150 gram masing-masing mengandung 600 mg dan 750 mg.

BACA JUGA: Ampuh Hilangkan Pegal Linu, Berikut 8 Jus Penambah Stamina Setelah Sakit yang Kaya Multivitamin

BACA JUGA:Mudah Ngantuk ? Yuk Atasi dengan 5 Vitamin untuk Mengatasi Badan Lemas dan Mengantuk, Dijamin Ampuh

2. Jeruk

Dikenal sebagai buah yang kaya akan manfaat, jeruk ini juga bermanfaat untuk meredakan darah tinggi. Hal ini dikarenakan buah yang kaya akan Vitamin C ini mengandung flavonoid yang disebut hesperidin.

Nah, hesperidin ini merupakan antioksidan yang mampu membantu menurunkan tekanan darah tinggi pada penderita hipertensi.

Namun, tidak hanya kandungan hesperidin pada jeruk saja yang dapat menurunkan darah tinggi loh. hesperidin yang terdapat dalam buah lemon juga dapat menurunkan darah tinggi.

3. Mangga

Siapa yang tidak suka dengan mangga? Memiliki rasa manis yang khas ini tidak hanya lezat, namun juga memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan, salah satunya yakni dapat obat untuk membantu meredakan  darah tinggi.

BACA JUGA:7 Cara Agar Badan Tidak Lemas, Apa Saja yang Harus Dilakukan?

BACA JUGA:Kenapa Badan Lemas dan Lesu Tak Kunjung Sembuh? Mungkin ini Penyebabnya

Seperti yang diketahui, peningkatan asupan serat harian juga dapat meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah pada penderita hipertensi dan diabetes.

Nah, buah mangga ini termasuk dalam buah yang mengandung serat dan kalium. Buah mangga yang bisa bermanfaat untuk meredakan darah tinggi adalah segala jenis buah pisang. Contohnya mangga harumanis.

Sebuah penelitian mengatakan bahwa dalam 1 buah mangga harumanis dengan berat 200 gram memiliki kandungan 3,5 gram serat dan 150 gram kalium yang baik untuk tubuh.

Selain mangga harumanis, ada juga mangga indramayu dengan berat yang sama, yakni 200 gram yang mengandung 5 gram serta dan 260 gram kalium..

BACA JUGA:Ini Dia 8 Jus Buah untuk Menghilangkan Lemas dan Kepala Pusing

BACA JUGA:Tak Baik Jika Berlebihan, Ini 8 Efek Samping Kopi yang Perlu Diwaspadai!

4. Delima Merah

Selain jeruk, buah delima merah juga memiliki banyak manfaat. Buah delima merah atau yang dikenal dengan nama pomegranate ini biasanya dijadikan sebagai suplemen untuk kecantikan.

Namun, tahukah kalian, buah ini juga mampu menurunkan darah tinggi loh. Bahkan sudah banyak yang melakukan penelitian untuk membuktikan hal tersebut.

Salah satunya adalah penelitian yang dipubilkasikan oleh Plants for Human Nutrition. Di dalam penelitian tersebut menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi buah pomegranate lebih daei satu gelas/hari selama 4 minggu dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik.

Tekanan darah sistolik sendiri merupakan tenakan saat jantung berdertak untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Sedangkan tekanan darah diastolik adalah tekanan saat jantung beristirahat sebelum kembali memompa darah.

BACA JUGA:Begini 8 Cara Ampuh Atasi Rasa Capek dan Lemas dengan Ekstrak Multivitamin Jus Buah

BACA JUGA:Wajib Coba! 6 Minuman Penambah Energi untuk Badan Lemas dan Capek

Manfaat tersebut didapatnya dari kandungan asam folat dan Vitamin C pada buah delima merah yang memiliki efek antiperadangan, sehingga baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Nah, itulah beberapa jenis buah untuk meredakan tekanan darah tinggi. Sementara itu, untuk seseorang yang dinyatakan mengalami hipertensi ini memiliki tenakan darah pada angka 140/90 mmHg atau lebih.

Untuk itu, jika kalian memiliki tekanan darah tersebut dan tidak ditangani dengan baik dapat menyebabkan komplikasi yang mengancam nyawa, seperti serangan jantung dan stroke.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: