Inilah 5 Buah yang Baik Dikonsumsi oleh Penderita Darah Tinggi, Efektif Bantu Turunkan Tekanan Darah

Inilah 5 Buah yang Baik Dikonsumsi oleh Penderita Darah Tinggi, Efektif Bantu Turunkan Tekanan Darah

Buah yang Baik Dikonsumsi Oleh Penderita Darah Tinggi -ilustrasi alpukat -freepik.com

RADARPEKALONGAN - Bagi kamu para pasien hipertensi sebaiknya konsumsilah jenis buah yang baik dikonsumsi oleh penderita darah tinggi atau hipertensi.

Sebab, dalam buah-buahan tersebut terkandung banyak vitamin, minerall dan serat yang mampu membantu menurunkan tekanan darah.

Selain mengandung vitamin dan mineral, jenis buah yang baik dikonsumsi oleh penderita darah tinggi ini juga mengandung kalsium, magnesium, serta kalium yang memang dianjurkan sebagai penurun tekanan darah tinggi.

Lantas, apa saja ya jenis buah yang baik dikonsumsi oleh penderita darah tinggi? Ada banyak jenis buah yang baik dikonsumsi oleh penderita hipertensi atau darah tinggi ini.

Namun, sebelum mengenal jenis-jenis buah-buahan segar tersebut, alangkah baiknya kita kenalan dulu dengan penyakit darah tinggi atau hipertensi ini.

BACA JUGA:Kenapa Badan Lemas dan Lesu Tak Kunjung Sembuh? Mungkin ini Penyebabnya

BACA JUGA:Jangan Lupa Konsumsi 6 Vitamin untuk Badan Lemas Setelah Sakit Biar Kembali Pulih

Darah tinggi atau lebih dikenal dengan istilah hipertensi ini merupakan suatu kondisi medis di mana tekanan darah dalam arteri meningkat secara tidak terkontrol.

Jika kondisi tersebut tidak diatasi tentunya dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang serius. Mulai dari penyakit jantung, stroke, hingga kerusakan pada organ vital lainnya.

Sementara itu, faktor yang menyebabkan munculnya darah tinggi yakni mengonsumsi garam yang berlebihan, merokok, stres, hingga kurangnya aktivitas fisik. Tidak hanya itu saja, faktor genetik atau keturunan juga dapat menjadi pemicu tumbulnya seseorang mengalami hipertensi.

Nah, setelah kita mengetahui apa itu penyakit darah tinggi dan faktor yang menjadi pemicu timbulnya penyakit ini, yuk sekarang kita kenali jenis buah yang baik dikonsumsi oleh penderita darah tinggi.

BACA JUGA:Ini Dia 8 Jus Buah untuk Menghilangkan Lemas dan Kepala Pusing

BACA JUGA:Tak Baik Jika Berlebihan, Ini 8 Efek Samping Kopi yang Perlu Diwaspadai!

Adapun jenis buah-buahan yang baik dikonsumsi oleh penderita darah tinggi atau hipertensi adalah sebagai berikut

1. Alpukat

Selain kaya akan lemak baik, buah alpukat ini juga merupakan salah satu jenis buah yang baik dikonsumsi oleh penderita hipertensi loh.

Alpukat merupakan jenis buah y ang kaya akan vitamin dan mineral yang efektif membantu menurunkan darah tinggi. Selain itu, buah alpukat ini juga mengandung kalsium, magnesium, kalium, dan karotenoid yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Kandungan berbagai senyawa yang baik tersebut paling banyak terletak di bawah kulit alpukat. Oleh karena itu, saat mengupas alpukay, sebaiknya kupaslah dengan hati-hati.

BACA JUGA:Tinggi Multivitamin, 9 Minuman yang Tepat untuk Badan Lesu dan Suka Ngantuk di Kantor

BACA JUGA:Kaya akan Vitamin, 10 Buah untuk Menghilangkan Pusing Saat Hamil agar Badan Tak Lemas

2. Semangka

Siapa di sini yang suka mengonsumsi semangka? Selain memiliki rasa yang menyegarkan, buah yang kaya akan air ini juga berperan dalam menurunkan hipertensi.

Sebuah penelitian di American Journal of Hypertension menyatakan bahwa kandungan sitrulin dan asam amino yang terdapat di dalam buah semangka ini dapat menurunkan angka sistolik dan diastolik pada pasien hipertensi.

Penurunan darah tinggi ini akan terliha lebih jelas pada pergelangan kaki dan lengan atas pasien, terutama pada pasien dengan berat badan berlebih dan berusia di atas 50 tahun.

Selain itu, situlin ini juga mampu meningkaykan produksi nitrit oksida yang memiliki efek melebarkan dan melemaskan pembuluh darah. Sehingga aliran darah menjadi lebih lancar dan tekanan di dalam pembuluh darah menurun.

BACA JUGA: Ampuh Hilangkan Pegal Linu, Berikut 8 Jus Penambah Stamina Setelah Sakit yang Kaya Multivitamin

BACA JUGA:Murah dan Lengkap! Ini Dia 10 Merk Vitamin untuk Badan Lemas dan Lesu di Apotek

3. Tomat

Selain semangka dan alpukat, tomat juga cocok dikonsumsi oleh penderita hipertensi loh. Sebab, selain mengandung kalium, tomat juga mengandung likopen yang merupakan salah satu jenis karotenoid yang mana dapat menurunkan tekanan sistolik pada penderita hipertensi atau darah tinggi.

Hal ini dibukikan melalui sebuah penelitian oleh Tokyo Medical dan Dental Universitu dan Tucson Plant Breedin Instute dengan 184 pria dan 297 wanita sebagai pesertanya

Di sini seluruh peserta diminta untuk meminum satu gelas jus tomat tawar setiap hari selama setahun dah hasilnya tekanan darah 94 peserta penderita hipertensi mengalami penurunan

Selain dapat menurunkan darah tinggi, dengan  mengonsumsi tomat secara rutin juga bermanfaat untuk menyeharkan mata, jantung, dan kulit, serta menjaga daya tahan tubuh.

BACA JUGA:Sering Merasa Lemas Tidak Karuan? Ini 7 Jus Buah Segar untuk Tingkatkan Stamina Tubuh

BACA JUGA:Berikut 6 Jus untuk Badan Lemas dan Pusing yang Mengandung Multivitamin

4. Apel

Menurut penelitian, dengan mengonsumsi 1 buah apel/hari berfungsi untuk menurunkan tekanan darah, kolesterol, dan peradangan. Sehingga cocok dikonsumsi oleh penderita hipertensi, jantung, dan stroke.

Manfaat dari apel tersebut didapatnya dari kandungan nutrisi dalam buah yang mana mulai dari kalium, antioksidan, Vitamin A, B, C, dan K.

5. Melon

Jenis buah yang baik dikonsumsi oleh penderita darah tinggi atau hipertensi yang akan kita bahas terakhir adalah melon.

Manfaat ini didapatnya dari kandungan Kalium yang berperan penting dalam mengurangi efek natrium yang berkontribusi terhadap peningkatan tekanan darah. Selain itu kalium ini juga dapat membantu melemaskan dinding pembuluh darah.

Sehingga dapat dijadikan sebagai obat untuk membantu menurunkan darah tinggi dalam tubuh. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: