Daftar 6 Buah untuk Menurunkan Hipertensi dengan Segala Kandungannya, Rekomendasi untuk Pasien Darah Tinggi

Daftar 6 Buah untuk Menurunkan Hipertensi dengan Segala Kandungannya, Rekomendasi untuk Pasien Darah Tinggi

buah untuk menurunkan hipertensi-ilustrasi jenis buah untuk menurunkan hipertensi-freepik.com

RADARPEKALONGAN - Selain mengonsumsi obat penurun hipertensi, para penderita hipertensi juga wajib mengonsumsi buah untuk menurunkan hipertensi. Sebab, Walaupun sudah mendapatkan penanganan dokter, pasien hipertensi juga tetap perlu menjaga konsumsi makanannya.

Sementara itu, makanan penurun darah tinggi umumnya memiliki kandungan kalium yang mana dapat ditemukan pada jenis buah untuk menurunkan hipertensi. Karena, dengan mengonsumsi jenis buah-buahan segar tersebut mampu membantu mengendalikan tekanan darah agar normal kembali.  

Lantas apa saja ya jenis buah untuk menurunkan hipertensi? Berikut ini informasinya

1. Buah Beri

Jenis buah untuk menurunkan hipertensi yang pertama adalah buah beri. Buah beri yang dapat dikonsumsi di sini adalah stroberi, bluberry, hingga raspberry.

BACA JUGA:Begini 8 Cara Menyembuhkan Sakit Kepala dan Badan Lemas, Coba Konsumsi Suplemen Vitamin B12

BACA JUGA:Tidak Percaya Diri dengan Lemak Perutmu? Ini Dia 6 Cara Mengatasi Perut Buncit

Dikenal sebagai buah penurun hipertensi dikarenakan buah beri, terutama blueberry, mengandung senyawa flavonoid.

Nah, senyawa flavonoid inilah yang dapat mencegah tekanan darah tinggi atau hipertensi dan juga membantu menurunkan tekanan darah tinggi tersebut.

2. Kiwi

Selain buah beri, kiwi juga merupakan salah satu jenis buah yang dipercaya mampu menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Hal ini dikarenakan, dalam satu buah kiwi terkandung 2% kalsium, 9% melium, dan 7% magnesium yang mampu membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

BACA JUGA:Jangan Salah Pilih! 4 Cara Memilih Suplemen Vitamin C untuk Mengatasi Badan Lemas

BACA JUGA:Berat Badan Berlebih? Inilah 5 Suplemen untuk Diet yang Aman Dikonsumsi Tanpa Efek Samping di Apotek

Selain ketiga mineral tersebut, buah kiwi ini juga kaya akan Vitamin C yang bersifat antioksidan. Antioksidan ini dipercaya mampu membantu melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel-sel dalam tubuh.

Jadi, selain dijadikan sebagai obat penurun hipertensi, buah kiwi ini juga dapat dijadikan sebagai pembantu dalam meningkatkan daya tahan tubuh.

3. Nanas

Buah lainnya yang dapat dijadikan sebagai buah untuk menurunkan hipertensi adalah nanas. Buah yang identik dengan rasa asam manis yang menyegarkan ini kaya akan kalium dan mineral yang bermanfaat untuk pasien hipertensi.

Kandungan kalium yang tinggi dalam buah nanas ini mampu membantu melebarkan pembuluh darah. Sehingga aliran darah dalam tubuh dapat berjalan lebih lancar, serta risiko penyempitan pembuluh darah pun mengecil.

BACA JUGA:Kenapa Badan Lemas dan Lesu Tak Kunjung Sembuh? Mungkin ini Penyebabnya

BACA JUGA:Mudah Ngantuk ? Yuk Atasi dengan 5 Vitamin untuk Mengatasi Badan Lemas dan Mengantuk, Dijamin Ampuh

Jadi, tidak hanya untuk menurunkan hipertensi, buah nanas ini juga digadang mampu membantu mengatasi penyakit jantung dan aterisklerosis.

4. Melon

Selain semangka, melon juga merupakan buah yang digemari banyak orang, karena rasa manis yang khas dan lezat. Namun, selain memiliki rasa yang lezat, melon ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah menurunkan hipertensi atau tekanan darah.

Hal ini dikarenakan dalam satu buah melon mengandung kalium yang tinggi dan rendah akan sodium. Tidak hanya itu saja, melon juga mengandung Vitamin C dan kaya akan serat.

Sehingga selain dapat membantu menurunkan hipertensi, buah melon ini juga dapat memperbaiki kadar gula, mencegah risiko dehidrasi, memperbaiki sistem imun, serta memperlancar pencernaan.

BACA JUGA: Ampuh Hilangkan Pegal Linu, Berikut 8 Jus Penambah Stamina Setelah Sakit yang Kaya Multivitamin

BACA JUGA:8 Macam Makanan untuk orang Demam agar Tubuh Tidak Lemas dan Lesu

5. Buah Bit

Buah Bit merupakan salah satu jenis buah yang ekstraknya biasa dijadikan sebagai obat herbal. Hal ini dikarenakan, buah bit ini memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah dapat membantu hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Hal ini dibuktikan dari penelitian oleh Queen Mary University of London menjelaskan bahwa buah bit mengandung nitrat yang dapat meningkatkan gas nitrat dalam sirkulasi darah. Sehingga dapat membantu dalam menjaga kesehatan jantung dan menurunkan hipertensi.

Tidak hanya itu saja, terdapat penelitian lain yang diterbitkan oleh Nutrition Journal tahun 2013 menunjukkan bahwa tekanan darah sistolik dapat menurun setelah seorang pasien meminum jus bit dan apel.

6. Pir

Jenis buah untuk menurunkan terakhir yang terakhir akan kita bahas adalah pir. Pir ini merupakan jenis buah yang kaya akan kalium dan zat-zat antioksidan lainnya.

BACA JUGA:7 Macam Mineral dan Multivitamin Penambah Energi yang Ampuh untuk Hilangkan Lemas dan Mudah Capek

BACA JUGA:Catat! 7 Manfaat Vitamin untuk Lemas dan Pusing agar Lebih Berenergi

Menariknya, buah pir ini juga merupakan buah yang tidak mengandung sodium dan lemak. Sehingga risiko kalian untuk mengalami tekanan darah tinggi dapat berkurang.

Namun, tidak hanya dapat menurunkan hipertensi saja loh. Dengan mengonsumsi buah pir secara rutin dalam jangka panjang juga dapat mengontrol denyut jantung dan menjaga kontraksi otot berlebih.

Tidak hanya itu saja, dengan mengonsumsi buah pir juga dapat membantu kalian yang sedang dalam program diet. Karena buah pir ini dapat membantu kalian merasa kenyang lebih lama, serta mampu memperlancar proses metabolisme tubuh.

Itulah beberapa jenis buah untuk menurunkan hipertensi. Bagi kalian yang ingin mengonsumsi buah-buahan tersebut dan juga ingin merasakan manfaatnya, kalian dapat mengonsumsinya dengan cara dimakan secara langsung.

BACA JUGA:Ini Dia 8 Jus Buah untuk Menghilangkan Lemas dan Kepala Pusing

BACA JUGA:Ikhtiar Lekas Sembuh! Ini Dia 7 Vitamin untuk Batuk Pilek

Kalian juga bisa mengolah buah-buahan di atas menjadi jus ataupun dijadikan sebagai pelengkap salad atau makanan lainnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: