Membuat Kamu Tetap Awet Muda, Apa Saja Sih Manfaat Vitamin D untuk Kesehatan dan Kekebalan Tubuh?

Membuat Kamu Tetap Awet Muda, Apa Saja Sih Manfaat Vitamin D untuk Kesehatan dan Kekebalan Tubuh?

Manfaat Vitamin D untuk Kesehatan dan Kekebalan Tubuh--freepik

RADARPEKALONGAN - Manfaat vitamin D untuk kesehatan sudah dikenal luas untuk kesehatan tulang dan otak. Namun, ternyata vitamin ini juga efektif untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Vitamin D terkenal untuk kesehatan tulang dan otak. Vitamin D adalah sejenis vitamin larut lemak yang ditemukan dalam beberapa makanan dan diproduksi oleh kulit manusia sebagai respons terhadap paparan sinar matahari. Vitamin D juga diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan jantung dan otot. 

BACA JUGA:Dari Ekstrak Tanaman Valerian Terbaik, Inilah 8 Pilihan Merek Vitamin untuk Tidur Nyenyak Anti Insomnia!

BACA JUGA:Rekomendasi obat dan Vitamin agar Tidur Nyenyak untuk Hidup Lebih Bugar

Simak daftar Manfaat Vitamin D untuk Kesehatan

1. Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin D juga berperan dalam menjaga kekebalan tubuh. Ini membantu dalam produksi dan fungsi sel-sel kekebalan tubuh, seperti sel T dan sel B, yang melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit. Kekurangan vitamin D telah terkait dengan peningkatan risiko infeksi saluran pernapasan, seperti flu dan infeksi pernapasan akut.

Vitamin D mengatur ekspresi ribuan gen dalam tubuh dan mengaktifkan sistem kekebalan tubuh kamu untuk melawan bakteri dan virus. Vitamin D menginduksi dan mengekspresikan gen peptida antimikroba, sehingga tubuh dapat secara efektif melawan infeksi. 

2. Menurunkan Risiko Diabetes

Vitamin D membantu memproduksi hormon insulin dalam tubuh. Insulin berperan dalam mengatur kadar gula darah sehingga mengurangi risiko diabetes.

3. Mencegah Multiple Sclerosis

Penelitian telah menunjukkan adanya hubungan antara rendahnya kadar vitamin D dalam tubuh dengan risiko multiple sclerosis. Multiple sclerosis adalah penyakit autoimun yang menyerang sistem saraf pusat, termasuk otak, mata, dan tulang belakang.

BACA JUGA:Terbebas dari Penyakit di Masa Tua, Inilah 7 Rekomendasi Vitamin Otak Terbaik untuk Lansia

4. Menghindari Depresi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: