Waspada! Ini Dia 8 Kebiasaan Penyebab Osteoporosis yang Harus Dihindari

Waspada! Ini Dia 8 Kebiasaan Penyebab Osteoporosis yang Harus Dihindari

Kebiasaan Penyebab Osteoporosis yang Harus Dihindari--freepik

RADARPEKALONGAN - Sebelum terlambat dan sulit untuk disembuhkan, ketahui kebiasaan penyebab osteoporosis yang harus dihindari berikut ini!

Osteoporosis adalah suatu kondisi dimana tulang menjadi keropos dan mengalami pengeroposan. Keadaan ini membuat tulang menjadi rentan retak dan rusak.

Osteoporosis juga penyakit tulang yang ditandai dengan rendahnya massa tulang, disertai dengan mikroarsitektur tulang, dan penurunan kualitas jaringan tulang yang pada akhirnya dapat menyebabkan kerapuhan tulang.

Sebenarnya osteoporosis dapat terjadi pada semua orang, namun beberapa orang yang sudah memasuki usia lanjut lebih berisiko dan lebih cepat mengalami kondisi ini dibandingkan dengan yang lainnya.

Hal ini disebabkan karena saat muda, tulang manusia beregenerasi dengan cepat dan berada dalam kondisi paling padat dan kuat.

Hal ini membuat tulang perlahan-lahan menjadi lebih rapuh dari waktu ke waktu. Aktivitas dan produktivitas pun terganggu.

Masalah yang disebabkan oleh osteoporosis menimbulkan ketakutan bagi masyarakat, apalagi setiap orang berpotensi terkena kerapuhan tulang. Selain karena proses penuaan, ada beberapa faktor penyebab osteoporosis yang jarang diketahui masyarakat.

BACA JUGA:Cocok untuk Lansia, Ini Dia Makanan Penguat Tulang yang Baik untuk Melawan Osteoporosis

BACA JUGA:Jaga Tulangmu! Inilah 10 Merk Vitamin Kalsium Terbaik Mampu Jaga Tulang dan Sendi

1. Rendahnya Kadar Estrogen

Menurut Paul Mystkowski, penyebab paling umum dari osteoporosis adalah kurangnya hormon estrogen pada wanita.

Ahli endokrinologi atau spesialis endokrin dari Virginia Mason Medical Center ini mengatakan, "Biasanya, penyebab umum osteoporosis adalah berkurangnya hormon estrogen pada wanita."

2. Testosteron Rendah

Jika wanita dihadapkan pada masalah estrogen, pria juga dihadapkan pada masalah testosteron. Pria membutuhkan testosteron dan estrogen untuk menjaga kesehatan tulang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: