Waspada! Ini Dia 8 Kebiasaan Penyebab Osteoporosis yang Harus Dihindari

Waspada! Ini Dia 8 Kebiasaan Penyebab Osteoporosis yang Harus Dihindari

Kebiasaan Penyebab Osteoporosis yang Harus Dihindari--freepik

3. Kekurangan Kalsium

Tanpa kalsium, tubuh tidak dapat membangun kembali sel-sel tulang baru selama proses renovasi tulang. Tulang adalah kumpulan dari dua mineral kalsium dan fosfor. Kamu memerlukan kadar kalsium yang stabil dalam darah karena banyak organ tubuh, terutama jantung, otot dan saraf, bergantung pada kalsium.

4. Kekurangan Vitamin D

Selain zat besi dalam bentuk kalsium, kita juga harus tahu bahwa vitamin D memiliki manfaat yang cukup vital. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan osteoporosis, karena dapat melemahkan tulang dan meningkatkan intensitas pengeroposan tulang.

BACA JUGA:Dapat Menjaga Kesehatan Tulang, Ini Dia Daftar 7 Vitamin dan Mineral untuk Kesehatan Lansia

5. Gaya Hidup Tidak Aktif

Kata "sedentari" sepertinya sudah tidak asing lagi. Yaitu gaya hidup yang kurang baik karena kurangnya aktivitas fisik dan kegiatan yang membutuhkan gerakan aktif.

Gaya hidup ini juga membuat tulang kita jarang bergerak dan otot-otot jarang diregangkan. Padahal, aktivitas fisik perlu dilakukan untuk kebugaran tubuh, termasuk kesehatan tulang.

6. Merokok

Satu hal yang begitu berbahaya, namun jarang diketahui masyarakat adalah dampak buruk merokok bagi kesehatan tulang. Perokok memiliki kemampuan perbaikan tulang yang rendah dan berisiko tinggi mengalami pengeroposan tulang.

7. Obat-obatan

Ternyata, mengonsumsi obat-obatan tertentu dapat memicu osteoporosis, lho. Obat-obatan yang tergolong antiseizure dapat mempengaruhi kondisi tulang. Biasanya, obat-obatan ini memiliki komposisi kortison, prednison, glukokortikoid, dan hidrokortison.

8. Minuman Alkohol

Alkohol memang memiliki sejumlah dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Tidak hanya sistem pencernaan, alkohol juga menyerang kesehatan tulang.

Konsumsi alkohol akan melemahkan imunitas tubuh dan mengganggu kinerja tubuh dalam menyerap nutrisi serta menghambat proses penyembuhan diri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: