Wajib Tahu! Inilah 3 Jenis Olahraga yang Efektif untuk Mencegah Osteoporosis

Wajib Tahu! Inilah 3 Jenis Olahraga yang Efektif untuk Mencegah Osteoporosis

jenis olahraga yang efektif untuk mencegah osteoporosis-ilustrasi yoga dapat menurunkan risiko osteoporosis-Freepik.com

RADARPEKALONGAN - Bagaimana jenis olahraga yang efektif untuk mencegah osteoporosis? Banyak orang yang mencari tahu jenis olahaga untuk mencegah osteoporosis.

Sebab, selain memunuhi asupan nutrisi yang baik untuk tulang, osteoporosis ini juga dapat dicegah dengan rutin melakukan olahraga yang mana dapat memperkuat tulang dan otot pada tubuh.

Namun, sebelum kita, mengenal jenis olahraga yang efektif untuk mencegah osteoporosis, kita ketahui dulu yuk apa itu osteoporosis. 

Osteoporosis ini merupakan salah satu gangguan tulang yang serius dan paing sering terjadi di dunia. Biasanya osteoporosis ini terjadi oleh wanita yang berusia di atas 50 tahun atau yang sudah masuk menopause.

BACA JUGA:Apa Itu Osteoporosis? Bagaimana Gejala dan Penyebab Osteoporosis, Ini Cara Mengobatinya

BACA JUGA:4 Cara Mencegah Osteoporosis sejak dini, Semua Cara Wajib Banget Kalian Lakukan Sedini Mungkin!

Namun, hal tersebut tak mengecualikan laki-laki tidak dapat terkena osteoporosis loh. Sebab, saat ini diperkirakan ada lebih dari 250 juta oenduduk dunia yang mengidao osteoporosis. 

Data dari International Osteoporosis Foundation juga menunukkan bahwa satu dari tiga wanita  dan satu dari loma pria usia lanjut dapat mengalami patah tulang akibat osteoporosis.

Tidak hanya terjadi pada lansia, sebenanrnya osteoporosis ini juga dapat terjadi pada usia berapapun. Sebab, gaya hidup yang tidak sehat yang dilukan sejak masa muda tentunya dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami osteoporosis di kemudian hari.

Karena berolahraga merupakan salah satu gaya hidup sehat, hal tersebut secara tidak langsung juga membuatnya dapat dijadikan cara efektif mencegah osteoporosis.

BACA JUGA:Ingin Terhindar Dari Osteoporosis? Inilah Cara Sederhana Mencegah Osteoporosis, 1-4 Wajib Banget Kalian Penuhi

BACA JUGA:Wajib Tahu! Inilah 5 Cara Efektif Mencegah Osteoporosis yang dapat Dilakukan Sedini Mungkin

Secara umum, jenis olahraga yang efektif untuk mencegah osteoporosis adalah olahraga weight-bearing. Weight-bearing sendiri merupakan olahraga dengan gerakan melawan gravitasi dalam posisi berdiri tegak.

Dengan gerakan melawan gravitasi ini membuat weight-bearing ini juga memiliki beberapa manfaat bagi tulang dan otot seperti

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: