Pernah Hampir Menjadi Khalifah Pertama bersama Abu Bakar, Begini Kisah Sahabat Nabi yang Mengagumkan

Pernah Hampir Menjadi Khalifah Pertama bersama Abu Bakar, Begini Kisah Sahabat Nabi yang Mengagumkan

Pernah Hampir Menjadi Khalifah Pertama bersama Abu Bakar, Begini Kisah Sahabat Nabi yang Mengagumkan -Vicky Yu / Unsplash-

Zaid merupakan sahabat dekat sekaligus anak angkat Rasulullah SAW. Namun meski begtiu, Zaid menjadi anak angkat hanya dalam kurun beberapa tahun saja, karena Allah SWT melarangnya. 

Zaid juga menjadi satu-satunya sahabat Nabi yang namanya diukir dalam Al-Quran Surat Al-Ahzab ayat 37. 

Ayat ini turun karena Zaid menisbahkan namanya kepada Nabi Muhammad SAW. 

Zaid juga merupakan pelayan Rasulullah SAW yang setia dan taat. Dia menemani Nabi Muhammad SAW hijrah bahkan ikut terjun dalam medan pertempuran. 

BACA JUGA: Jejak Perjuangan dan Kecerdasan Menantu Rasulullah SAW: Kisah Ali bin Abi Thalib, Si Gerbang Pengetahuan

BACA JUGA: Teman Hijrah Nabi Muhammad SAW ke Madinah: Kisah Abu Bakar Ash Shiddiq yang Menginspirasi

2. Kisah Sa’id bin Zaid 

Kisah sahabat Nabi yang mengagumkan selanjutnya adalah kisah dari sahabat yang doanya selalu didengar. 

Sa'ide bin Zaid merupakan sahabat yang taat kepada ajaran agama Islam serta beriman kepada para Nabi. Meskipun sebelum era Nabi Muhammad SAW ia begitu taat mengikuti ajaran Nabi Ibrahim As, Sa’id tidak pernah tunduk dan memakan daging kurban atas nama berhala. 

Namanya juga tidak pernah tinggal dari peristiwa-peristiwa penting serta peperangan bersama Rasulullah SAW, kecuali perang Badar. 

Pernah suatu hari dia mendapat perkara dengan seorang wanita tentang sebuah rumah. 

Dia lantas menyampaikan pesan Nabi Muhammad SAW bahwa dia tidak boleh menerima sejengkal pun tanah yang bukan haknya, karena di akhirat nanti tanah itu akan dikalungkan kepada lehernya seberat 7 kali bumi. 

Sa'ide juga berkata bahwa seandainya Rasulullah SAW berbohong soal itu, maka Sa’id berdoa untuk membutakan mata serta menjadikan rumahnya sebagai kuburnya. 

Dan tidak lama setelah itu, seseorang melewati rumah dari si wanita tersebut dan mendengar bahwa wanita itu berjalan meraba tembok sembari berkata dia terkena doa buruk dari Sa’id bin Zaid. Dan saat berjalan menyusuri rumahnya, wanita itu tersandung pada suatu sumur yang menjadikannya kubur baginya. 

BACA JUGA: Belajar dari Kisah Sahabat Nabi yang Menginspirasi: Mengamalkan Sunah dan Bersedekah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: