Catat! Ini Jenis Makanan Sehat Bergizi untuk Jaga Kesehatan dan Kebugaran Tubuhmu

Catat! Ini Jenis Makanan Sehat Bergizi untuk Jaga Kesehatan dan Kebugaran Tubuhmu

Jenis Makanan Sehat Bergizi untuk Jaga Kesehatan-ilustrasi Jenis Makanan Sehat Bergizi untuk Jaga Kesehatan-freepik

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Untuk kamu yang sedang berusaha untuk menjalani hidup sehat, kamu bisa coba beberapa jenis makanan sehat bergizi untuk jaga kesehatan versi Radar Pekalongan.

Makanan bergizi sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan memberikan energi yang cukup.

Berikut beberapa contoh jenis  makanan sehat bergizi untuk jaga kesehatan yang dapat menjadi pilihanmu dalam memilih makanan. Penasaran apa saja sih? Yuk intip artikel jenis makanan sehat bergizi untuk jaga kesehatan!

Makanan Sehat Bergizi untuk Jaga Kesehatan Tubuh dan Kebugaran

Setiap hari, makanan yang dikonsumsi memegang peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Organ dalam tubuh membutuhkan asupan gizi yang cukup agar bisa berfungsi dengan baik.

Berbagai sumber makanan bergizi dapat memenuhi kebutuhan asupan tubuh. Berikut beberapa contoh makanan sehat bergizi yang dapat menjadi pilihan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuhmu:

BACA JUGA:Mau Sehat? Yuk Cari Tahu Manfaat dan Tips Menyusun Makanan Sehat Bergizi untuk Penuhi Kebutuhan Nutrisi Tubuh

BACA JUGA:Catat! 12 Ragam Pilihan Bahan Makanan Sehat dan Bergizi Sebagai Alternatif untuk Memulai Hidup Sehat

1. Buah-buahan

  • Alpukat: Mengandung lemak sehat, serat, dan kalium, cocok untuk dikombinasikan dengan makanan lain seperti telur dan roti tawar sebagai menu sarapan. Atau kamu juga bisa membuat buah ini menjadi jus atau smooties.
  • Pisang: buah yang satu ini diprcaya kaya akan kalium, cocok untuk dikonsumsi sebagai camilan sehat. Kamu juga bisa mengkombinasikannya dengan berbagai bahan makanan lain untuk sarapan juga.

2. Sayuran

  • Brokoli: mengandung banyak nutrisi dan serat, cocok menjadi makanan bergizi untuk tubuhmu. Kamu bisa mengolahnya menjadi sup atau tumis sebagai lauk makan.
  • Sayur-sayuran hijau: Misalnya, buncis, wortel, kangkung, dan bayam, yang kaya akan nutrisi penting untuk tubuh. Kamu juga bisa mengkrasikan berbagai sayuran tersebut ke dalam berbagai masakan untuk sajian makan pagi, makan siang, hingga makan malam.

BACA JUGA:Mudah Dibuat! Ini 7 Menu Makanan Sehat Rumahan Bisa Bantu Perbaikan Gizimu

BACA JUGA:Yuk Catat! Ini 5 Resep Makanan Sehat yang Mudah Dibuat di rumah, Cocok Buat Kamu yang Lagi Memulai Hidup Sehat

3. Protein

  • Ikan Salmon: Mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung. Kamu bisa mengolahnya menjadi beragam masakan atau memakannya secara mentah menjadi sashimi atau sushi.
  • Daging tanpa lemak: Kaya akan protein dan zat besi, cocok untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Daging juga bisa menjadi sumber protein hewani yang bisa kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan tubuhmu.

4. Karbohidrat

  • Oatmeal: Mengandung karbohidrat kompleks yang memberikan energi yang berkelanjutan. Kamu bisa mengolah oatmeal menjadi berbagai makanan untuk sarapan maupun camilan. Selain itu oatmeal juga bisa digunakan sebagai pengganti nasi untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat dalam tubuhmu.
  • Beras merah: Sumber karbohidrat yang baik untuk menjaga keseimbangan gula darah. Beras merah juga bisa menjadi pilihanmu untuk menggantika n beras biasa yang lebih banyak kadar gulanya bila dibandingkan dengan beras merah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: