Inilah 8 Daun Penurun Panas pada Bayi, Alami dan Mudah Digunakan

Inilah 8 Daun Penurun Panas pada Bayi, Alami dan Mudah Digunakan

daun penurun panas pada bayi --freepik.com/cookie_studio

Namun selain itu, tanaman ini juga bermanfaat sebagai obat penurun panas dan demam. Hal ini disebabkan oleh sifat antiinflamasi yang terkandung di dalam daun cocor bebek.

Cara menggunakan daun cocor bebek untuk mengobati demam adalah dengan menumbuk daunnya hingga halus, kemudian letakkan ekstraknya di dahi sebagai kompres.

BACA JUGA:Inilah 9 Obat Panas Dalam Alami, Ramuan Herbal Tradisional yang Mampu Cegah Penyakit

3. Daun bidara

Pohon yang memiliki nama ilmiah Ziziphus mauritiana ini juga menjadi salah satu solusi yang daunnya dipercaya dapat mengatasi beberapa masalah kesehatan, salah satunya menurunkan panas demam pada bayi.

Pohon bidara biasanya tumbuh liar di tempat yang kering dan keras. Di dalamnya terkandung flavonoid, polifenol, siklopeptida, alkaloid, glikosida, minyak atsiri, saponin damar, mineral, vitamin, asam amino, dan asam lemak tak jenuh ganda.

Ditambah lagi dengan kandungan antibakteri dan antioksidan yang dapat menyembuhkan luka, sariawan, keputihan, mengatasi insomnia, dan menurunkan panas.

Cara mengolahnya adalah dengan mengambil daunnya untuk dijadikan teh. Rebus daun bidara yang sudah bersih dalam air mendidih, lalu minum air rebusan tersebut.

Rasa air rebusan ini akan sedikit pahit dan biasanya tidak disukai oleh anak-anak. Untuk itu, kamu bisa mengakalinya dengan menambahkan madu, jeruk nipis, atau susu.

4. Daun kelor

Tanaman dengan nama ilmiah Morenga oleifera ini juga telah lama dipercaya sebagai salah satu obat herbal yang dapat mengatasi masalah demam dan panas, terutama pada anak-anak. Daun kelor juga sering dikonsumsi dengan cara diolah menjadi berbagai masakan, terutama sayur bening.

Tanaman yang dapat tumbuh secara liar ini banyak ditemukan di kebun-kebun dan hutan di daerah tropis seperti Indonesia. Bagi mereka yang tinggal di daerah padat penduduk, daun ini juga dapat ditemukan dijual di pasar. Jadi, tidak akan sulit untuk menemukan tanaman yang satu ini pastinya.

Ekstrak daun dan biji dari tanaman kelor mengandung senyawa yang memiliki sifat antibakteri dan akan menghambat pertumbuhan mikroorganisme penyebab penyakit.

Untuk memanfaatkan daun kelor sebagai obat penurun demam, cukup bersihkan dengan air, lalu tumbuk hingga halus. Daun kelor yang sudah ditumbuk dapat ditempelkan pada dahi anak sebagai kompres. 

BACA JUGA:Wajib Tahu! Inilah 9 Obat Flu untuk Ibu Menyusui yang Aman untuk Ibu dan Bayi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: