Yoyok Riyo Sudibyo Resmikan Pusat Oleh-oleh, Gratis Khusus untuk UMKM Kabupaten Batang

Yoyok Riyo Sudibyo Resmikan Pusat Oleh-oleh, Gratis Khusus untuk UMKM Kabupaten Batang

Warga rela antre berdesakan membeli produk umkm di Toko Camilanku. Toko ini memang diperuntukkan oleh Yoyok Riyo Sudibyo untuk membantu UMKM di Batang.--

BATANG, RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Mantan Bupati Batang, Yoyok Riyo Sudibyo, ternyata punya niatan serius memajukan UMKM di daerah kelahirannya. Salah satunya ditunjukan dengan peresmian ruko dua lantai yang dijadikan pusat oleh-oleh produk ratusan UMKM yang ada di Kabupaten Batang, Sabtu 25 November 2023.

Pusat oleh-oleh yang diberi nama Cemilanku tersebut, terletak di Komplek Ruko Sampoerna yang berada di jalan Ahmad Yani yang berada hanya beberapa meter dari alun-alun atau di pusat Kota Batang.

Pada acara grand opening sendiri, diadakan tebus murah sembako. Yaitu hanya dengan membeli produk UMKM seharga Rp 50 ribu, maka akan mendapat kupon tebus murah paket sembako yang berisi minyak goreng 1 liter, beras 2 kilogram, dan gula pasir 1 kilogram, hanya dengan bayar Rp 30 ribu saja.

Tak ayal, sebanyak 1.000 paket sembako ludes hanya dalam waktu kurang dari dua jam. Untungnya, Yoyok sudah menyiapkan cadangan ratusan paket sembako murah tambahan, sehingga warga yang datang tidak merasa kecewa.

Yoyok mengungkapkan, bahwa tujuan utama pendirian pusat oleh-oleh tersebut adalah murni dari niatan untuk membantu UMKM di Batang. 

"Saya menyiapkan display yang modern untuk teman-teman UMKM Batang. Di sini menampung semua produk home industri dari teman-teman UMKM Kabupaten Batang. Tinggal ditaruh dan akan kami bantu jualkan,  gratis. Dan alhamdulillah sudah ada ratusan UMKM yang menaruh produknya di sini," terang Yoyok.

Meskipun saat ini Yoyok menjadi caleg DPR RI dapil X dari Partai Nasdem, namun di ruko tersebut tidak ditemui sama sekali hal-hal yang berbau politik atau parpol. 

"Niat saya untuk kebaikan, murni ingin membantu teman-teman UMKM Batang. Nanti saya sendiri juga akan 'ngajari' mereka cara berdagang yang baik, tentunya dengan ilmu saya. Karena saya mantan tentara, jadi ilmu saya adalah menang dagang cara perang," bebernya.

Ditambahkan, saat ini di bagian belakang ruko sdh dibuat ruangan untuk foto produk UMKM. Fungsinya untuk menaikkan produk-produk UMKM supaya bisa dijual secara online. 

"Nanti bagaimana caranya foto produk, jualan online, teman-teman UMKM juga saya sekolahkan di sini, gratis. Sedangkan untuk menaikkan kualitas, misal packaging dan rasa, juga akan saya datangkan ahlinya untuk mengajari mereka. Jika ada teman-teman yg belum ada surat, misal izin halal, juga akan saya bantu, tentunya secara kolektif," kata alumni Akmil 94 ini.

Untuk lantai dua ruko, kata Yoyok, akan digunakan untuk sekolah anggota UMKM, dan ruang podcast. 

"Nah untuk podcast, nantinya bakal digunakan untuk menampilkan tokoh-tokoh, orang-orang berpengaruh, atau yang luar biasa untuk diwawancarai di sini supaya bisa ditiru. Sebagai catatan, podcast di sini tidak untuk mengintimidasi, mengulik, atau menekan seseorang, tetapi membumikan nilai keberhasilan atau kebaikan. Semua tahu, masih banyak tokoh maupun orang berpengaruh yang baik," pungkas pria yg akrab dipanggil Mayor Edan, atau Mas Yoyok ini. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: