Ini Dia 11 Obat Sembelit Alami, Terbukti Dapat Meredakan Sembelit dengan Mudah dan Cepat

Ini Dia 11 Obat Sembelit Alami, Terbukti Dapat Meredakan Sembelit dengan Mudah dan Cepat

Obat Sembelit Alami--freepik.com/jcomp

2. Berolahraga Lebih Banyak

Beberapa orang mengalami sembelit karena kurang berolahraga atau terlalu banyak duduk dan berbaring tanpa menggerakkan tubuh.

Bahkan ada beberapa orang yang sengaja menahan buang air besar karena sibuk mengerjakan sesuatu di depan meja kerjanya.

Hal ini tentu saja tidak boleh dibiarkan, lama kelamaan tidak hanya gejala sembelit yang menyerang, namun penyakit lain juga bisa timbul.

Kamu perlu berolahraga ringan untuk membakar kalori guna melancarkan pencernaan.

3. Apel

Apel merupakan buah kaya serat yang sangat baik untuk penderita sembelit. Faktanya, satu buah apel berukuran sedang, mengandung sekitar 4,8 gram serat.

Apel memiliki serat makanan yang disebut pektin. Sebuah penelitian menyatakan bahwa pektin mempercepat pergerakan kotoran melalui usus, memperbaiki gejala sembelit, dan meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus. 

4. Pir

Pir juga dapat membantu meringankan sembelit, pir berukuran sedang mengandung sekitar 5,5 gram serat. Pir juga mengandung fruktosa dan sorbitol yang sangat tinggi dibandingkan dengan buah lainnya.

Kedua senyawa tersebut merangsang pergerakan usus dan bertindak sebagai pencahar alami. Kamu bisa mengonsumsi pir dengan berbagai cara, sebagai potongan buah mentah atau memasukkannya ke dalam salad.

5. Kiwi

Kiwi seberat 75 gram mengandung 2,3 gram serat. Kiwi dapat membantu pencernaan dan membantu penderita sembelit.

Bukan hanya serat dalam kiwi yang dianggap dapat melawan sembelit. Enzim yang dikenal sebagai actinidin juga membantu memperlancar buang air besar. Kiwi dapat dimakan mentah atau dibuat menjadi minuman.

6. Bayam dan Sayuran Hijau

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: