Ternyata Inilah 12 Buah Penambah Darah yang Kaya Nutrisi untuk Mengatasi Anemia

Ternyata Inilah 12 Buah Penambah Darah yang Kaya Nutrisi untuk Mengatasi Anemia

Buah Penambah Darah --freepik.com/stockking

2. Stroberi

Tahukah kamu bahwa vitamin C dibutuhkan oleh tubuh kita untuk penyerapan zat besi agar kita tidak kekurangan darah? Stroberi adalah salah satu buah penambah darah yang terbukti dapat mencegah anemia.

Kandungan vitamin c yang tinggi ini meningkatkan kapasitas antioksidan dalam darah. Selain itu, stroberi dapat mengurangi stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas, sehingga digunakan untuk pencegahan terhadap penyakit lainnya.

3. Jeruk

Minuman panas sering dikaitkan dengan rasa jeruk. Mengapa? Buah jeruk seperti jeruk dan lemon merupakan salah satu buah yang paling banyak mengandung vitamin C yang bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh dari kuman dan bakteri.

Karena kandungan tersebut, buah jeruk juga sering digunakan sebagai buah untuk anemia dalam penyerapan zat besi yang efektif. Kamu dapat memakan buah jeruk secara langsung atau menambahkannya ke dalam jus buah dan salad harian.

4. Buah Naga

Buah penambah darah ini sangat mudah didapatkan di daerah tropis seperti Indonesia. Rasa dagingnya yang manis dan bentuknya yang eksotis membuat buah naga menjadi salah satu buah yang paling populer di seluruh dunia.

Ada alasan tersendiri mengapa buah ini disebut sebagai superfood. Kandungan buah naga yang kaya akan vitamin c dan zat besi berkhasiat untuk meningkatkan kadar hemoglobin dan eritrosit dalam tubuh, terutama bagi ibu hamil.

Selain anemia, nutrisi lainnya bermanfaat untuk kesehatan pencernaan, mencegah risiko kanker dan melawan stres oksidatif.

5. Kismis

Buah kecil yang dikeringkan ini mengandung zat besi dan vitamin B yang ampuh untuk mengatasi anemia. Kandungan tembaga dalam kismis juga dapat membantu memproduksi jumlah sel darah merah.

Kismis dapat mencegah proses penuaan dengan memproduksi dan memperbaiki sel-sel kulit yang rusak! Cara paling efektif untuk menggunakan kismis sebagai buah penambah darah adalah dengan merendamnya semalaman dan kemudian memakannya di pagi hari saat perut masih kosong.

Proses ini dapat memfasilitasi penyerapan antioksidan dan sangat bermanfaat bagi penderita tekanan darah tinggi.

6. Kurma

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: