7 Manfaat Lobak Putih untuk Kesehatan, Pahami Pula Efek Sampingnya

7 Manfaat Lobak Putih untuk Kesehatan, Pahami Pula Efek Sampingnya

Selain kaya manfaat untuk kesehatan, lobak putih juga ada efek sampingnya.-Hadi Waluyo-

4. Membuang racun dan melindungi hati

Lobak putih dapat membantu membuang racun yang ada di dalam tubuh, termasuk racun yang membahayakan hati.

5. Mengontrol tekanan darah

Kandungan potasium pada lobak putih mampu mengontrol tekanan darah. Selain itu, lobak putih juga dipercaya bisa menurunkan tekanan darah tinggi dan mengatasi hipertensi.

Baca juga:3 Manfaat Masker Lobak Putih untuk Kecantikan, Mencegah Penuaan Dini hingga Mengatasi Jerawat

6. Menjaga kesehatan jantung

Serat pada lobak putih bisa menyerap kolesterol untuk dibuang. Dengan berkurangnya kadar kolesterol akan berdampak pada penurunan kadar lipid darah. Kondisi ini bisa menjaga jantung tetap sehat.

7. Mencegah penyakit kronis

Penelitian menyebutkan, asupan sayuran seperti lobak putih bisa menurunkan risiko penyakit jantung, kanker tertentu, diabetes, dan kondisi neurodegeneratif. Bahkan, mengonsumsi sayuran dapat membuat hidup lebih lama dan lebih sehat.

Baca lagi:5 Efek Samping Daun Kemangi bagi Kesehatan, Meskipun Kaya Manfaat Tetap Konsumsi dengan Bijak

Efek Samping Lobak Putih

Meskipun lobak putih kaya manfaat untuk kesehatan, namun makan lobak putih juga ada efek sampingnya. Diantaranya, jika terlalu banyak mengonsumsinya maka dapat menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan.

Menurut laporan dari Lybrate, mengonsumsi lobak putih berlebihan juga dapat menyebabkan gangguan kulit atau dermatitis. Bagi penderita batu empedu, tidak disarankan mengonsumsi lobak putih.

Senyawa dalam lobak putih yang bermanfaat untuk mencegah atau melawan kanker ternyata memiliki dampak buruk bagi fungsi kelenjar tiroid.

Wanita hamil dan ibu menyusui juga tidak disarankan untuk mengonsumsi lobak putih. Selain itu, orang yang menggunakan vasodilator, termasuk yang mengonsumsi obat anti migrain dan obat tekanan darah harus berhati-hati dalam mengonsumsi sayuran ini. Obat tersebut dan lobak putih memiliki khasiat yang sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: