Tak Hanya untuk Diet, Inilah 13 Manfaat Brokoli untuk Kesehatan, Ketahui Juga Efek Sampingnya

Tak Hanya untuk Diet, Inilah 13 Manfaat Brokoli untuk Kesehatan, Ketahui Juga Efek Sampingnya

Sayuran brokoli kaya manfaat untuk kesehatan.-Hadi Waluyo-

10. Bagus untuk diet

Brokoli mengandung serat. Makanya, brokoli kerap digunakan sebagai makanan pengganti nasi saat diet.

Baca lagi:9 Buah-Buahan yang Mengandung Asam Folat untuk Kesehatan Ibu Hamil, Wajib Masuk Daftar Belanja Nih Bun!

11. Mendukung kehamilan sehat

Asupan vitamin, mineral, dan protein sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Brokoli merupakan salah satu sayuran yang mendukung kehamilan sehat. Sayuran ini mengandung vitamin B yang baik untuk ibu hamil, karena mengandung B9 atau folat.

Folat ini sangat penting bagi perkembangan otak janin dan sumsum tulang belakang. Konsumsi rutin makanan kaya folat seperti brokoli dapat mendukung perkembangan kognitif bayi.

12. Menjaga berat badan anak tetap sehat dan ideal

Tidak ingin anak terlalu gemuk, manfaatkan brokoli untuk membantu manajemen berat badan anak. Sebab, dengan kandungan seratnya yang tinggi dan indeks glikemiknya rendah dapat mengontrol berat badan yang sehat.

13. Memperkuat tulang dan gigi 

Kandungan kalsium dalam brokoli bagus untuk memperkuat tulang dan gigi. Makanya, brokoli cocok dikonsumsi anak-anak untuk menyempurnakan tumbuh kembangnya. 

Baca juga:Cegah Asam Urat Kambuh! 7 Sayuran Tinggi Purin yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat yang Wajib Diketahui

Meskipun brokoli kaya manfaat untuk kesehatan, namun harus tetap bijaksana dalam mengonsumsinya. Jangan berlebihan makan brokoli. Apapun jika terlalu berlebihan pasti tidak akan baik.

Ada beberapa efek samping jika mengonsumsi brokoli terlalu berlebihan. Yakni, bisa memicu kembung. Mengonsumsi brokoli terlalu banyak dapat menyebabkan gas berlebih ataupun perut kembung. 

Bagi orang yang mengonsumsi obat tertentu, seperti obat pengencer darah, harus lebih mewaspadai makan brokoli. Sebab, brokoli mengandung vitamin K. Itu bisa berdampak pada keefektifan konsumsi obat.

Berlebihan mengonsumsi brokoli juga dapat menyebabkan gangguan pencernaan pada orang dengan sindrom iritasi usus besar. Pada orang dengan sindrom iritasi usus besar, FODMAP dapat lolos ke usus besar tanpa terserap. Inilah yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan saat makan brokoli terlalu banyak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: