Perut Buncit Karena Sembelit? Begini Solusi Tepat dan Cepat Mengatasinya

Perut Buncit Karena Sembelit? Begini Solusi Tepat dan Cepat Mengatasinya

Ilustrasi cara mengatasi perut buncit karena sembelit.-8photo/Freepik.com -

BACA JUGA:Sering Jadi Permasalahan Bapak-Bapak, Ini 7 Penyebab Perut Buncit pada Pria yang Perlu Dipahami

BACA JUGA:Sering Dialami Perempuan, Ternyata Ini Penyebab Perut Buncit pada Perempuan yang Perlu Diwaspadai!

Berikut ini beberapa penyebab sembelit akibat adanya masalah pada sistem pencernaan yang bisa bikin perut buncit.

1. Aktivitas Bakteri Pada Usus

Bakteri akan memcah karbohidrat di lambung dan usis kecil. Namun saat tidak tercerna dengan baik dan masuk ke usus besar, bakteri di usus besar akan melepaskan udara yang terus menumpuk. Maka timbulah perut yang membuncit.

2. Menelan Udara Berlebih

Ini bisa terjadi saat kita mengunyah permen karet atau konsumsi minuman karbonasi yang dapat menyebabkan penumpukan udara di saluran pencernaan yang menyebabkan perut kembung dan buncit.

3. Kurang Serat

Terpenuhinya kandungan serat pada tubuh akan membantu usus dalam mencerna makanan. Saat kekurangan serat makanan tidak tercerna dengan baik dan menghambat usus dalam mengeluarkan feses. Penumpukan feses ini akan menyebabkan perut buncit akibat sembelit dan rasa tidak nyaman.

4. Kurang Gerak

Kurang bergerak atau jarang olahraga juga dapat menyebabkan sembelit. Studi membuktikan orang dengan tingkat aktivitas gerak lebih tinggi akan lebiih susah terkena sembelit.

Cara Mengatasi Perut Buncit akibat Sembelit

Ada beberapa cara mengatasi perut buncit akibat sembelit. Saat mengalami perut buncit akibat sembelit dan menimbulkan rasa tidak nyaman, segeralah lakukan beberapa penanganan berikut ini:

1. Konsumsi Serat

Tingkatkan konsumsi makanan tinggi serat seperti buah dan sayur. Di waktu sembelit Anda juga bisa memenuhi kebutuhan serat dengan suplemen serat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: