5 Manfaat Komunikasi Asertif yang Bikin Teknik Ini Worth It untuk Dicoba, Salah Satunya Kamu Jadi Dihormati!

5 Manfaat Komunikasi Asertif yang Bikin Teknik Ini Worth It untuk Dicoba, Salah Satunya Kamu Jadi Dihormati!

Manfaat komunikasi asertif--freepik.com

Oleh karenanya, manfaat komunikasi asertif selanjutnya adalah membuatmu mendapatkan kepercayaan dan rasa hormat karena apa yang kamu katakana selalu berbasis kejujuran. 

Jika kebenarannya adalah iya, maka kamu akan mengatakan iya. Jika tidak, maka itu pula yang akan kamu katakan. Mempraktikkan komunikasi asertif tidak akan menempatkanmu dalam keabu-abuan.

Mencegah Stres

Kamu akan cenderung memikirkan perkataanmu jika hal tersebut sebenarnya tidak sesuai dengan apa yang kamu yakini. Pada tahap tertentu, hal tersebut bisa membuatmu stres atas berbagai tekanan yang kemudian hadir.

Berbeda dengan ketika kamu menerapkan komunikasi asertif. Kemungkinan kamu menyesali perkataanmu sangatlah kecil, karena kamu mengungkapkan apa yang sebenar-benarnya kamu yakini.

Manfaat komunikasi asertif yang bisa kamu dapatkan dalam hal ini adalah terhindarnya dirimu dari stres. Ini karena kamu tidak menyetujui apa yang sebenarnya kamu tidak setujui atau menolak apa yang sebenarnya kamu setujui.

Dengan begitu, kamu mendapatkan kepuasan komunikasi sehingga tidak ada perasaan dalam dirimu untuk mengulang komunikasi tersebut karena perasaan sesal.

Kamu tidak perlu melakukan apa yang tidak kamu mau ketika kamu sudah menerapkan komunikasi asertif ini.

Membantu Mencegah Konflik

Mengatakan sesuatu secara tegas akan menghindarkanmu dari kesalahpahaman yang merupakan awal mula munculnya konflik. Berbeda dengan ketika kamu berkomunikasi secara pasif sehingga lawan bicaramu tidak bisa menangkap pesan yang sebenarnya ingin kamu sampaikan.

Berbeda pula ketika kamu terlalu agresif dan hanya ingin pendapatmu menang tanpa mendengarkan orang lain.

Manfaat komunikasi asertif dalam pencegahan konflik dapat kamu peroleh karena komunikasi ini memiliki porsi yang tepat, di mana kamu menyampaikan sesuatu dengan tegas dengan tetap memberikan ruang kepada orang lain untuk menyampaikan pendapatnya juga.

BACA JUGA 7 Contoh Komunikasi yang Efektif, Tanda Bahwa Kamu Pandai Berbicara Tanpa Bikin Orang Salah Paham!

Meningkatkan Kepercayaan Diri dan Kualitas Hubungan

Mengatakan apa yang sebenarnya mampu membuat harga diri dan kepercayaan dirimu meningkat, bahwa kamu bukanlah orang yang akan berbohong atau orang yang bimbang dengan perkataannya sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: