Komunikasi dengan Tujuan Gaslighting, Ini 6 Kalimat yang Perlu Kamu Waspadai Agar Tidak Dimanipulasi!

Komunikasi dengan Tujuan Gaslighting, Ini 6 Kalimat yang Perlu Kamu Waspadai Agar Tidak Dimanipulasi!

Komunikasi dengan tujuan gaslighting--freepik.com

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID – Peran penting komunikasi dalam kehidupan seringkali disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab dengan menggunakan komunikasi dengan tujuan gaslighting.

Gaslighting merupakan istilah yang berkembang luas terutama di media sosial yang mewakili praktik manipulasi di mana seseorang ingin mendominasi pihak lain dalam suatu hubungan.

Orang yang mempraktikkan hal ini memiliki trik di mana ia terus melakukan manipulasi kata-kata secara berulang sehingga orang yang mendengarnya akan memaknai kalimat itu sebagai kebenaran. 

Si korban bahkan terkadang mempertanyakan pikirannya sendiri yang tidak mau percaya dengan apa yang diucapkan oleh orang yang melakukan gaslighting.

Komunikasi dengan tujuan gaslighting memberikan dampak yang berbahaya, di mana korban mengganggap normal sesuatu yang sebenarnya tidak bisa dibenarkan hanya karena pelaku terus-terusan mengatakan pernyataan tersebut kepadanya.

Gaslighting sangatlah merugikan, sehingga kamu perlu mengetahui bagaimana biasanya komunikasi dengan tujuan gaslighting dipraktikkan.

Berikut akan disajikan beberapa contoh kalimat dalam praktik komunikasi dengan tujuan gaslighting. Mempelajarinya akan membantumu lebih peka dalam menjaga dirimu agar tidak mudah dimanipulasi.

Yuk, simak sampai akhir!

BACA JUGA 5 Manfaat Komunikasi yang Sehat Ini Bantu Kamu Menciptakan Hubungan Harmonis

“Kamu terlalu sensitif”

Orang yang melakukan komunikasi dengan tujuan gaslighting cenderung membuatmu mempertanyakan dirimu sendiri, salah satunya dengan meremehkan perasaanmu. Itu sebabnya, dia mengatakan hal-hal seperti terlalu sensitif, terlalu emosional, berlebihan, dan sejenisnya kepadamu.

Akibatnya, kamu akan mempertanyakan emosimu sendiri hingga tidak berani menunjukkan emosimu yang sebenarnya di masa depan karena mempercayai bahwa itu berlebihan.

“Berhentilah merasa insecure”

Alih-alih membantumu untuk mengatasi perasaan khawatir, takut, cemas, dan perasaan tidak aman lainnya, orang dengan kebiasaan komunikasi dengan tujuan gaslighting justru akan menyerang perasaanmu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: