4 Resep Hidup Bahagia dan Sehat dari Rasulullah, Nomor 2 Sering Dilupakan

4 Resep Hidup Bahagia dan Sehat dari Rasulullah, Nomor 2 Sering Dilupakan

Resep hidup bahagia dan sehat-rawpixel.com/Freepik -

BACA JUGA:Inilah 7 Kunci Hidup Bahagia, Kunci Nomor 3 Sangat Penting, Sudah Kamu Terapkan Belum?

BACA JUGA:Simak Ini! 4 Tips Hidup Bahagia Menurut Islam, Nomor 3 Sering Dilupakan

2. Rasulullah Memakan Makanan yang Bergizi

Resep hidup bahagia dan sehat dari Rasulullah selanjutnya adalah dengan memakan makanan yang bergizi. 

Rasulullah hanya memakan makanan yang berbahan alami, seperti kurma, buah tin, madu, zaitun, buah delima, dan daging. Memang betul, pada masa Rasulullah belum ada makanan siap saji. 

Itulah mengapa, Rasulullah selalu sehat dan prima serta jarang sakit. Selain itu, dalam hadist juga dijelaskan bahwa "Barangsiapa setiap pagi mengonsumsi tujuh butir kurma 'Ajwah, maka pada hari itu ia akan terhindar dari racun dan sihir." (HR. Buhkari dan Muslim). 

3. Membaca Doa Sebelum dan Setelah Makan

Rasulullah tidak pernah luput untuk membaca doa sebelum dan setelah makan. Membaca doa sebelum dan setelah makan bertujuan supaya makanan yang kita konsumsi bisa lebih berkah dan tidak membuat kita tidak rakus. 

Hidup yang berkah bisa membuat kita menjadi lebih bahagia, tenang, dan tenteram baik lahir maupun batin. Oleh karena itu, kita bisa lebih bahagia dan sehat. 

BACA JUGA:Lakukan 5B Ini Bisa Bikin Kamu Bahagia Selamanya

BACA JUGA:Hidup Full Bahagia, Rahasia Amalan Singkat dari Gus Iqdam, Simak Penjelasannya!

4. Menjaga Kebersihan

Rasulullah selalu menjaga kebersihan, beliau selalu menyempurnakan wudunya. Bahkan, saat berwudu, beliau selalu membasuh tangan dan kaki sampai ke sela-selanya. Selain itu, Rasulullah juga selalu menjaga kebersihan lingkungannya. 

Bersungguh-sungguh dalam berwudu juga dijelaskan dalam hadist. Laqith bin Shabrah meriwayatkan, "Aku berkata: 'Wahai Rasulullah, kabarkan kepadaku tentang wudu?" Rasulullah berkata, "Sempurnakan wudu-mu, dan sela-sela antara jari-jemarimu, dan bersungguh-sungguhlah dalam memasukkan air ke dalam hidung kecuali jika kamu dalam keadaan berpuasa." (HR. Tirmidzi).

Tubuh dan lingkungan yang bersih dan sehat bisa membuat kita menjadi lebih sehat dan lebih mudah untuk bahagia baik lahir maupun batin. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: