Inilah Pantangan Makanan Bagi Penderita Asam Urat, Hindari Makanan dan Minuman Ini

Inilah Pantangan Makanan Bagi Penderita Asam Urat, Hindari Makanan dan Minuman Ini

Pantangan makanan bagi penderita asam urat--Youtube.com/Saddam Ismail

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Pantangan makanan bagi penderita asam urat, hindari makanan dan minuman ini agar asam urat tidak makin kambuh.

Salah satu keterbatasan asam urat adalah konsumsi makanan tinggi purin. Asam urat dikenal sebagai penyakit yang berbahaya karena jika tidak ditangani dengan benar dapat menyebabkan terbentuknya batu ginjal.

Asam urat terbentuk ketika terlalu banyak senyawa purin di dalam tubuh. Purin diproduksi di dalam tubuh atau berasal dari makanan.

Asam urat biasanya ditandai dengan serangan nyeri sendi yang tiba-tiba dan berulang. Untuk menghindarinya, penderita asam urat sebaiknya menghindari makanan tertentu.

Yuk simak rekomendasi pantangan makan dan minum asam urat di artikel kali ini agar lebih berhati-hati.

BACA JUGA:5 Buah Rendah Purin yang Cocok untuk Penderita Asam Urat, Bisa Dikonsumsi Kapan Saja

BACA JUGA:Inilah Macam-macam Purin yang Bisa Memicu Asam Urat yang Harus Diwaspadai, Terutama untuk Lansia

Pantangan makanan bagi penderita asam urat

Memilih makanan untuk penderita asam urat memang sulit, berikut makanan yang harus dihindari atau dibatasi pada asam urat:

1. Daging merah

Selain kadar kolesterolnya yang tinggi, daging merah juga memiliki kandungan purin yang tinggi. Jenis daging seperti kambing, sapi, domba, babi dan kerbau.

Konsumsi daging juga harus dibatasi, karena mengandung purin yang cukup banyak. Konsumsi daging oleh penderita asam urat sekitar 100 gram per hari.

2. Makanan laut

Selain daging merah, makanan laut juga tabu untuk asam urat. Makanan laut seperti cumi-cumi, kerang, beberapa jenis ikan, gurita dan lain sebagainya dapat merangsang produksi asam urat oleh hati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: