5 Makanan untuk Penderita Asam Urat, Bisa Dikonsumsi Kapan Saja Tanpa Takut Asam Urat Naik

5 Makanan untuk Penderita Asam Urat, Bisa Dikonsumsi Kapan Saja Tanpa Takut Asam Urat Naik

Makanan untuk Penderita Asam Urat--Youtube.com/Suster Mey

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Pilihan makanan untuk penderita asam urat tidak boleh sembarangan. Hal ini harus diperhatikan, karena asupan makanan yang tidak tepat justru dapat menyebabkan peningkatan kadar asam urat dan kambuhnya gejala.

Asam urat terjadi ketika kadar asam urat dalam darah meningkat dan melebihi batas normal. Dengan penyakit ini, persendian bisa membengkak, menjadi nyeri atau panas.

Alasan paling umum untuk peningkatan kadar asam urat dalam tubuh adalah konsumsi makanan tinggi purin. Purin adalah senyawa yang dipecah dalam tubuh menjadi asam urat.

Oleh karena itu, untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh dan mencegah terulangnya asam urat, kamu perlu mengetahui jenis makanan apa saja yang cocok untuk penderita asam urat.

BACA JUGA:Cegah Purin Terlalu Banyak, Mari Coba 6 Minuman untuk Asam Urat Menyegarkan ini

BACA JUGA:5 Sayuran yang Tidak Boleh Dikonsumsi untuk Penderita Asam Urat, Dapat Memperparah Tubuh dan Bikin Sakit

Berbagai jenis makanan untuk penderita asam urat

Di bawah ini adalah beberapa jenis produk untuk penderita asam urat yang dapat meringankan gejala asam urat dan mencegah terulangnya serangan:

1. Jeruk

Mengonsumsi buah sitrus seperti jeruk bermanfaat untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh dan mencegah kambuhnya asam urat.

Hal ini karena jeruk mengandung vitamin C yang merupakan antioksidan. Khasiat ini dapat meredakan peradangan pada asam urat.

2. Alpukat

Buah alpukat juga baik untuk penderita asam urat karena kaya akan lemak sehat dan antioksidan.

Tidak hanya itu, alpukat juga mengandung vitamin E dalam jumlah banyak. Kandungannya memiliki efek anti inflamasi untuk mengatasi serangan asam urat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: