Ternyata Inilah Penyebab Batu Ginjal dan Cara Mengobatinya, Sebaiknya Kamu Wajib Kurangi

Ternyata Inilah Penyebab Batu Ginjal dan Cara Mengobatinya, Sebaiknya Kamu Wajib Kurangi

Penyebab batu ginjal --Youtube.com/Hidup Sehat TvOne

Alasan pembentukan batu ginjal selanjutnya, selain konsumsi air yang lebih sedikit, dikaitkan dengan asupan garam yang banyak.

Oleh karena itu, sebagai tindakan pencegahan dan pengobatan, biasanya dianjurkan untuk mengurangi konsumsi garam dalam jumlah berlebihan dan menghindari makan makanan dengan kandungan garam yang tinggi.

Misalnya makanan kaleng dan roti. Makanan tinggi garam dapat meningkatkan risiko pembentukan batu kalsium di saluran ginjal.

3. Konsumsi protein hewani yang berlebihan

Manusia membutuhkan konsumsi protein hewani untuk memenuhi kebutuhan protein tubuh. Namun, mengonsumsi terlalu banyak protein juga bisa menjadi penyebab batu ginjal.

Daging merah dan kerang merupakan dua jenis makanan yang banyak mengandung protein. Jika kamumengonsumsi keduanya secara berlebihan, hal ini akan menyebabkan peningkatan kadar asam urat, peningkatan kadar keasaman dalam urin, dan penurunan kadar sitrat.

Kamu perlu mengetahui apakah peningkatan kadar asam urat dalam tubuh tidak hanya dapat menyebabkan nyeri sendi. Namun, bisa juga menjadi penyebab batu ginjal.

4. Konsumsi oksalat yang berlebihan

Batu ginjal yang ada di ginjal dan salurannya bervariasi bentuknya tergantung pada jenis mineralnya.

Jenis batu ginjal yang paling umum adalah campuran oksalat dan kalsium, yang bereaksi dan saling menempel saat urin dikeluarkan.

Penyebab munculnya batu ginjal jenis ini adalah karena konsumsi senyawa oksalat yang berlebihan.

Senyawa ini mudah ditemukan pada makanan seperti bayam, bit, kacang-kacangan, belimbing, dan lain sebagainya.

Tidak ada larangan penggunaan produk semacam itu. Namun, alangkah baiknya jika kamu mengonsumsi makanan tersebut dalam kombinasi dengan makanan yang mengandung kalsium dalam jumlah banyak.

Karena kalsium dapat membantu tubuh memproses oksalat dan mengikatnya bersama kalsium selama pencernaan agar tidak mengendap di organ ginjal.

BACA JUGA:5 Obat Batu Ginjal Tanpa Operasi, Hanya dengan Pengobatan Alami, Dijamin Ampuh dan Manjur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: