Tips Parenting Islami oleh Ning Imaz, 3 Cara Efektif dalam Mendidik Anak Sesuai Sunnah Nabi Muhammad Saw

Tips Parenting Islami oleh Ning Imaz, 3 Cara Efektif dalam Mendidik Anak Sesuai Sunnah Nabi Muhammad Saw

Penjelasan Ning Imaz cara mendidik anak sesuai sunnah.-imaz._/instagram-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Sebagai orang tua muslim, al-Qur'an dan sunnah menjadi rujukan utama dalam mendidik anak. Nah, ada beberapa cara mendidik anak sesuai sunnah yang bisa orang tua ikuti.

Orang tua tentu menjadi sosok yang paling dekat dan paling sering berkomunikasi dengan anak. Maka penting membekali diri dengan ilmu dan pengetahuan agar bisa menjadi orang tua yang bijak dalam membimbing dan menjadi contoh bagi anak-anak.

Ada banyak ilmu-ilmu parenting Islami yang bisa dipelajari dan bersumber langsung pada al-Qur'an dan hadis atau sunnah Nabi Muhammad Saw. Seperti cara mendidik anak sesuai sunnah yang dijelaskan oleh Ning Imaz berikut ini.

Cara Mendidik Anak Sesuai Sunnah Nabi

Dijelaskan oleh Ning Imaz,  yang memiliki nama lengkap Imaz Fatimatuz Zahra dari Pondok Pesantren Lirboyo, ada 3 cara parenting yang dipraktekkan oleh Nabi Muhammad Saw yaitu:

BACA JUGA:Agar Disenangi Anak, Begini Tips Parenting dr Aisah Dahlan dalam Mendidik Anak secara Beradab dan Islami

BACA JUGA:Orang Tua Perlu Paham Ini! Konsep Anak sebagai Berkah dan Amanah dalam Islam oleh dr Aisah Dahlan

1. Tidak Meninggikan Suara Kepada Anak

Hal dasar dalam berkomunikasi dengan anak yang dicontohkan langsung oleh Nabi Saw adalah dengan tidak meninggikan suara saat berbicara dengan anak. 

Pada sebuah video yang diunggah oleh Kanal Youtube NU Online Ning Imaz menjelaskan,

"Perilaku Nabi ataupun sunnah itu sangat luar biasa sekali hikmahnya. Jadi hanya sekedar meninggikan suara saja itu mampu memberikan efek buruk kepada anak maka Nabi di sini mencontohkan beliau tidak pernah meninggikan suara kepada anak-anaknya."

Bahkan contoh teladan ini Rasulullah praktekkan kepada siapapun,

Nabi Muhammad selalu bertutur kata dengan lembut kepada anak. Contoh baik ini pun sudah dibuktikan dengan penelitian ilmiah yang menyebutkan bahwa, berbicara keras dan kasar kepada anak dapat merusak struktur otaknya.

BACA JUGA:Cara Berucap yang Baik pada Anak, Begini Tips Parenting menurut dr Aisah Dahlan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: